04-02-1962: Helikopter AS Jatuh Ditembak Pasukan Vietkong

Pasukan Marinir AS mengamankan proses evakuasi pada Perang Vietnam.
Sumber :
  • Wikimedia Commons / U.S. Department of Defense

VIVA.co.id – Hari ini 55 tahun silam. Helikopter milik Angkatan Darat Amerika Serikat ditembak jatuh di Vietnam. Itu adalah satu dari 15 helikopter yang mengangkut pasukan Angkatan Darat Vietnam Selatan ke dalam pertempuran dekat Desa Hong Me di Delta Sungai Mekong.

03-03-1971: Green Berets Purnatugas di Vietnam

Mengutip situs History, ini kali pertama helikopter AS jatuh ditembak oleh mortir pasukan Vietnam Utara (Vietkong), sejak keterlibatan Washington satu tahun sebelumnya. Skadron helikopter AS yang pertama tiba di Vietnam Selatan dengan kapal jenis tongkang, USNS Core, pada 11 Desember 1961.

Kontingen ini termasuk membawa 33 unit helikopter Vertol H-21C Shawnee dan 400 personel yang terdiri dari pasukan AD dan perbekalan angkutan sebagai pendukung operasi militer serta pemeliharaan persenjataan.

11-2-1962: Pesawat Jatuh, 9 Awak Tewas di Vietnam Selatan

Mereka bertugas sebagai pasukan yang mengangkut AD Vietnam Selatan dalam pertempuran hutan dengan Vietnam Utara. Keterlibatan AS dalam Perang Vietnam ini berawal dari pemerintahan Presiden John F. Kennedy.

Pascakematian Kennedy pada 1963, Lyndon Baines Johnson, penggantinya, menyatakan komitmen untuk tinggal dan terlibat dalam perang saudara tersebut. Alasan Johnson ini diperkuat atas dasar prinsip-prinsip demokrasi, kedaulatan dan keamanan nasional.

09-02-1972: Tiga Kapal Induk AS 'Parkir' di Pantai Vietnam

Terlebih, Johnson melihat keinginan kuat China untuk meng-komunis-kan wilayah Asia, sehingga ia berani mendukung penuh pemerintahan Vietnam Selatan memerangi Vietnam Utara. Keterlibatan AS ini juga menjadi kebijakan kontroversial di kalangan warga Paman Sam.

Pada 1965, jumlah pasukan AS di Vietnam meningkat menjadi sekitar 200 ribu personel. Pada Desember tahun yang sama, jumlah tersebut melonjak dua kali lipat menjaadi 400 ribu personel.

Ilustrasi perang Vietnam

25-07-1969: Doktrin Nixon Bendung Imbas Perang Vietnam

Pada masa Perang Vietnam, AS paling banyak menjatuhkan bom mematikan.

img_title
VIVA.co.id
25 Juli 2017