Mahershala Ali, Aktor Muslim Pertama Pemenang Oscar

Mahershala Ali meraih Piala Oscar 2017 untuk kategori Aktor Pendukung Terbaik
Sumber :
  • REUTERS/Lucas Jackson

VIVA.co.id – Penganugerahaan Oscar 2017 memang mendatangkan banyak kejutan. Salah satunya Mahershala Ali yang telah memenangkan Aktor Pendukung Terbaik pada gelaran Oscar tahun 2017 ini untuk perannya dalam drama besutan Barry Jenkins yang berjudul Moonlight.

Karena Islam, Mahershala Ali Tolak Adegan Seks dalam Film

Aktor kulit hitam ini mengalahkan Michael Shannon (Nocturnal Animals), Jeff Bridges (Hell or High Water), Lucas Hedges (Manchester by the Sea) dan pemenang BAFTA, Dev Patel (Lion), untuk meraih salah satu piala yang paling diperebutkan.

Hadir sebagai film drama, Moonlight berkisah tentang protagonis bernama Chiron melalui tiga tahap hidupnya. Dalam film tersebut, Ali memainkan peran Juan, seorang penjual narkoba yang membawa Chiron ke dalam kelompok untuk melindunginya dari pelecehan emosional oleh ibunya (Naomie Harris).

Mahershala Ali, Aktor Muslim Peraih Oscar yang Direkrut Marvel Studios

Aktor yang baru saja menjadi ayah minggu lalu ini, diberikan penghargaan oleh Pemenang Aktris Pendukung tahun lalu, Alicia Vikander. Diiringi tepuk tangan yang begitu meriah dari penonton, Ali memberikan kata sambutan yang emosional, di mana ia memuji film yang menjadi hit dalam debut di festival tahun lalu itu.

"Saya punya begitu banyak guru yang baik, dan satu hal yang selalu mereka katakan kepada saya, akting adalah bukan tentang Anda, melainkan tentang karakter Anda dalam peran ini. Anda dalam pelayanan kepada cerita-cerita dan karakter ini. Dan saya sangat diberkati untuk memiliki kesempatan memerankan tokoh ini."

Aktor Muslim Mahershala Ali Raih Piala Oscar untuk Kedua Kalinya

Ali adalah aktor Muslim pertama yang memenangkan Oscar. Prestasi ini juga merupakan suatu kejutan tersendiri di tahun 2017, terutama ketika Gedung Putih telah menempatkan larangan perjalanan pada individu dari beberapa negara mayoritas Muslim. Kemenangan ini juga membuat Ali jadi aktor kulit hitam kelima yang berhasil meraih Aktor Pendukung Terbaik di Oscar. (one)

Sacheen Littlefeather dan surat permintaan maaf oscar

Academy Meminta Maaf atas Diskriminasi dan Pelecehan Pribumi di Oscar

Academy meminta maaf kepada Sacheen Littlefeather atas diskriminasi dan pelecehan pribumi Amerika di Oscar tahun 1973

img_title
VIVA.co.id
16 Agustus 2022