Biang Kerok Insiden Memalukan di Oscar 2017 Dipecat

Martha Ruiz dan Brian Cullinan
Sumber :
  • REUTERS/Lucy Nicholson

VIVA.co.id – Insiden salah sebut pemenang Film Terbaik di Oscar 2017 membuat dua orang akuntan dari PricewaterhouseCoopers (PwC) dipecat. Brian Cullinan dan Martha Ruiz adalah mereka yang disebut-sebut menjadi penyebab insiden itu terjadi.

Intip Momen Ryan Gosling Membawakan Lagu I'm Just Ken di Panggung Academy Awards ke-96

Cheryl Boone Isaacs, Presiden Academy, mengonfirmasi bahwa Brian dan Martha dipastikan tidak akan dipekerjakan lagi untuk ajang Piala Oscar di tahun-tahun mendatang. Boone juga mengungkapkan akan mengevaluasi kerja samanya dengan PwC yang sudah berlangsung selama 83 tahun ini, dilansir Cinema Blend dan berbagai sumber lainnya.

Dari foto dan penjelasan yang beredar, Brian sedang sibuk main Twitter sebelum peristiwa itu terjadi. Ia sedang mencuit foto kemenangan Emma Stone sebagai aktris terbaik tahun ini. Tweet tersebut pun langsung dihapus setelah insiden ini menjadi viral.

Daftar Lengkap Pemenang Piala Oscar 2024, Oppenheimer Menang Besar

Nampaknya, kehebohan di belakang panggung membuat Brian tak menyadari bahwa amplop yang ia berikan pada Warren Beatty adalah salah. Aktor senior itu pun masuk panggung tanpa mengetahui apa-apa.

Setelah kejadian ini, kedua akuntan tersebut diketahui masih bekerja untuk PwC dan mendapat perlindungan keamanan untuk mencegah tindak kekerasan, dilansir Digital Spy. Namun keduanya tak akan lagi dilibatkan dalam perhelatan Oscar ke depannya.

The Zone of Interest Segera Tayang di Bioskop Indonesia, Raih Nominasi Film Terbaik Oscar

Martha Ruiz dan Brian Cullinan

Seperti dijelaskan Fortune, PwC merupakan firma akunting yang sudah bekerja sama dengan Academy sejak 83 tahun. Merekalah yang bertanggung jawab dalam perhitungan enam ribu suara pemilih Oscar dari anggota Academy of Motion Picture Arts and Science.

Untuk acara perfilman akbar tersebut, PwC menjaga agar hasil penilaian tidak bocor ke publik. Mereka juga yang secara langsung mengatur amplop-amplop berisi para pemenang.

Pada hari pelaksanaan, mereka yang menjaga semua amplop itu dan memberikannya pada para presenter untuk diumumkan. Martha Ruiz dan Brian Cullinan menjadi akuntan PwC yang bertugas pada Minggu malam waktu Los Angeles lalu. Hanya keduanya yang tahu nama pemenang sebenarnya sebelum acara tersebut digelar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya