Beberapa Daerah Dikaji Jadi Ibu Kota Baru Indonesia

Sofyan Djalil
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Pemerintah masih mengkaji sejumlah tempat untuk menjadi Ibu Kota Indonesia yang baru, menggantikan Jakarta. Walau selama ini, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, disebut-sebut paling potensial. 

Warga Jakarta Mesti Cetak Ulang KTP Gegara Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Timur

Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan Jalil, mengatakan, karena pemindahan Ibu Kota adalah rencana jangka panjang, maka perlu kajian yang matang. 

"Masih studi awal mencari alternatif-alternatif," kata Sofyan di Istana Negara, Jakarta, Selasa 4 Juli 2017.

Sesi Conference Hannover Messe 2023: Berinvestasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara

Rencananya, tahun 2018 sudah akan ada lokasi mana yang dipilih. Namun Sofyan belum mau membeberkan, kota mana saja yang hendak distudi sebagai pengganti Jakarta. 

"Tapi kita sedang cari alternatif tempat di samping Palangkaraya, tempat yang paling suitable, yang paling bagus," jelasnya. 

Ditinggal Mudik, Jalanan Jakarta Hari Ini Kosong Banget

Perlu pertimbangan matang dan tepat oleh Presiden Joko Widodo, untuk menentukan Ibu Kota negara yang baru. Karena akan menyangkut kondisi Indonesia di masa depan.

"Kalau ini kan keputusan administratif presiden memutuskan. Keputusan jangka panjang implikasinya gitu kan. Oleh karena itu, kita sedang cari tempat," jelasnya.  (one)

Pemakaman Ibunda Maxime Bouttier

Haru, Maxime Bouttier Ungkap Kebaikan Luna Maya untuk Keluarganya

Maxime Bouttier merasa berterima kasih dan bersyukur karena Luna Maya menawarkan rumahnya untuk jadi tempat sang ibunda. 

img_title
VIVA.co.id
18 Januari 2024