9 Hal Buat Anda Didiskualifikasi Saat Wawancara Kerja

Wawancara Kerja
Sumber :
  • inmagine.com

VIVA.co.id – Tidak ada seorang pun yang sempurna adalah pepatah yang bisa menggambarkan seseorang ketika harus melakukan wawancara kerja pertamanya. Di situ pekerja bisa saja menarik perhatian dan mungkin juga bisa membuat buruk penilaian.

Mau Resign dalam Waktu Dekat? Pikirkan 5 Hal Ini Biar Gak Zonk!

Dilansir dari laman Businesss Insider, pada Selasa 25 Juli 2017, kualifikasi dan kepribadian pekerja sangat menentukan keberhasilan wawancara kerja, tapi ada hal buruk yang terjadi tanpa kita sengaja hancurkan peluang masuk ke pekerjaan itu.

Berikut ini adalah sembilan ketidakcocokan dalam wawancara kerja yang dapat secara otomatis mendiskualifikasi Anda, kecuali jika Anda benar-benar beruntung:

Catat, Ini 11 Tips Interview Kerja yang Harus Kamu Ketahui Agar Lolos Tahap Selanjutnya

1. Apa yang dilakukan perusahaan Anda?

"Percaya atau tidak, perekrut dan manajer perekrutan selalu mengatakan hal itu saat mengajukan pertanyaan pertamanya," kata penulis situs pekerjaan Monster Charles Purdy.

Heboh Wawancara Kerja Pakai Topeng, Alasan Perusahaan Mengejutkan

Pertanyaan seperti ini akan membuat Anda terlihat seperti Anda tidak cukup peduli akan pekerjaan tersebut dan tidak melakukan pencarian sederhana melalui Google.

2. Apakah kamu sudah menikah? Apakah kamu hamil dan lain-lain?

Jangan pernah bertanya kepada pewawancara pertanyaan pribadi atau apapun yang bisa menyinggung perasaan. 

Itu terjadi terutama untuk pertanyaan yang berpotensi menghina, seperti apakah Anda wanita hamil atau tidak.

3. 'S-,' 'b--,' 'f-,' dll.

Membiarkan sebuah kata kutuk atau dua kata saat cerita lucu mungkin bukan hal tepat, tapi lebih baik menahan diri dari kata-kata kotor dalam wawancara kerja.

4. Saya ingin pekerjaan Anda.

Tempatkan diri Anda ke dalam posisi pewawancara Anda. Apakah Anda ingin mempekerjakan seseorang yang kedengarannya seperti merencanakan untuk mengambil pekerjaan Anda?

Jika Anda benar-benar hanya ingin tahu tentang kemajuan dalam organisasi, ada cara yang lebih baik untuk mengungkapkan pertanyaan Anda.

5. Ini bukan pilihan utama saya.

Bahkan jika Anda tidak bisa membayangkan diri Anda tinggal di perusahaan terlalu lama, penting untuk tidak mengungkapkannya dengan lantang. Pewawancara Anda tidak akan menanggapi dengan baik seseorang yang mengekspresikan niat untuk menggunakan posisi itu sebagai batu loncatan untuk sesuatu yang lebih besar dan lebih baik.

6. Jika saya tidak mendapatkan pekerjaan ini, saya tidak tahu apa yang akan saya lakukan.

Setiap pewawancara yang layak diberi tempat tidak akan membiarkan diri mereka merasa bersalah karena menawarkan pekerjaan kepada Anda, jadi selamatkanlah cerita yang sobek itu.

7. Apakah Anda ingin makan malam kapan-kapan? Atau 'Wow, Anda memiliki senyuman yang indah'

Pikirkan lagi jika Anda ingin bisa merayu manajer perekrutan untuk memberi Anda pekerjaan? Sebab, perilaku semacam ini berisiko mencabik seluruh pencalonan Anda.

8. Saya tahu saya bukan orang yang paling berkualitas, tapi ...

Jika Anda mengatakan ini, tanggapan yang tepat dari pewawancara adalah, "Oh, bukan? Selamat tinggal kesempatan itu."

Jelas, pewawancara mengira Anda cukup memenuhi syarat untuk diajak bicara. Jadi berhentilah dengan penghinaan diri sendiri. Ini tidak menyegarkan.

9. Saya membenci bos terakhir saya.

Wawancara kerja bukanlah waktu untuk melampiaskan situasi kerja Anda sebelumnya. Sebenarnya, pernyataan semacam ini hanya akan memberi Anda label  pekerja potensial dengan sikap yang mengerikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya