Catat, Ini 11 Tips Interview Kerja yang Harus Kamu Ketahui Agar Lolos Tahap Selanjutnya

Ilustrasi wawancara/interview kerja.
Sumber :
  • Freepik/yanalya

VIVA Edukasi  – Interview kerja bisa menjadi salah satu tahapan yang menentukan dalam proses pencarian pekerjaan. Kesuksesan dalam interview bisa menjadi pintu masuk ke posisi atau perusahaan yang di impikan. 

Ganjaran Kementerian BUMN untuk Pelindo karena Bantu Promosikan UMKM

Oleh karena itu, persiapan yang matang sangat diperlukan. Berikut adalah tips yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan peluang kesuksesan dalam interview kerja.

1. Riset Tentang Perusahaan

Maknai Semangat RA Kartini, Shandy Purnamasari: Perempuan Tak Cuma Jadi Istri dan Ibu

Sebelum interview, luangkan waktu untuk meneliti tentang perusahaan, misi, visi, produk, dan budayanya. Dengan demikian, kamu dapat menunjukkan ketertarikan dan inisiatif kamu kepada pewawancara.

2. Latihan Menjawab Pertanyaan Umum

Susah-susah Kerja Keras, Fuji Curhat Selalu Serba Salah di Mata Netizen

Meskipun setiap interview memiliki keunikan tersendiri, ada beberapa pertanyaan standar yang sering diajukan, seperti "Ceritakan tentang diri kamu," atau "Mengapa kamu tertarik dengan posisi ini?". Latihlah jawaban kamu untuk pertanyaan-pertanyaan umum tersebut.

3. Berpakaian dengan Tepat

Ilustrasi kemeja.

Photo :
  • Freepik/freepik.diller

Pakaian pertama kali menciptakan kesan. Pilihlah pakaian yang profesional, rapi, dan sesuai dengan budaya perusahaan yang kamu lamar.

4. Tiba Tepat Waktu

Kedatangan yang terlambat dapat menciptakan kesan negatif. Pastikan kamu tiba di lokasi interview minimal 10-15 menit sebelum jadwal yang ditentukan.

5. Bawa Dokumen yang Diperlukan

Selalu bawa salinan resume kamu, daftar referensi, serta dokumen lain yang mungkin diperlukan seperti sertifikat atau portofolio.

6. Tunjukkan Bahasa Tubuh yang Positif

Ilustrasi duduk

Photo :
  • Pixabay

Kontak mata, sikap tubuh yang tegap, dan jabatan tangan yang mantap bisa menunjukkan kepercayaan diri kamu. Hindari sikap tubuh yang menunjukkan rasa tidak nyaman atau gugup.

7. Dengarkan dengan Baik

Jangan terburu-buru menjawab pertanyaan sebelum kamu benar-benar mengerti maksud dari pertanyaan tersebut. Dengarkan dengan baik dan pastikan kamu memberikan jawaban yang relevan.

8. Bersikap Jujur

Jika kamu tidak tahu atau tidak mengerti sesuatu, akui saja. Pewawancara akan lebih menghargai kejujuran kamu daripada mencoba menebak-nebak atau memberikan informasi yang salah.

9. Bertanyalah

Sebuah interview kerja adalah kesempatan bagi kamu untuk mengetahui lebih lanjut tentang perusahaan dan posisi yang kamu lamar. Jangan ragu untuk bertanya kepada pewawancara tentang hal-hal yang kamu ingin tahu.

10. Ucapkan Terima Kasih

Ilustrasi interview

Photo :
  • Pixabay

Sebelum meninggalkan ruangan, ucapkan terima kasih kepada pewawancara atas waktunya. Kamu juga bisa mengirimkan email atau surat terima kasih setelah interview untuk meningkatkan kesan positif.

11. Evaluasi Diri

Setelah interview, luangkan waktu untuk merefleksikan pengalaman kamu. Apa yang sudah berjalan dengan baik? Apa yang bisa ditingkatkan untuk interview selanjutnya? Evaluasi diri akan membantu kamu terus berkembang.

Memperoleh pekerjaan impian memerlukan persiapan yang matang dan usaha yang maksimal. Dengan mengikuti tips di atas, kamu akan meningkatkan peluang untuk memberikan kesan terbaik pada pewawancara dan mendekatkan diri pada pekerjaan yang di impikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya