Mau Resign dalam Waktu Dekat? Pikirkan 5 Hal Ini Biar Gak Zonk!

ilustrasi wawancara kerja
Sumber :
  • Freepik

VIVA LIFESTYLE – Mencari pekerjaan bisa sedikit mirip dengan mecari pasangan. Hal tersebut bisa menjadi mudah terutama ketika di awal kencan, namun setelahnya bisa menjadi sesuatu yang rumit.

Kisah Sukses di Usia Emas, Mom Selly dan Perjalanan Kariernya di Industri Pertambangan

Sama seperti mencari pasangan, menemukan pekerjaan yang tepat itu tak semudah membalikkan telapak tangan. Penting untuk menemukan pekerjaan yang tepat, pekerjaan yang cocok untuk Anda sekarang dan untuk masa depan. Scroll lebih lanjut ya.

Baik sebagai batu loncatan untuk karier atau sebagai kesempatan yang akan membuat Anda nyaman untuk jangka panjang.

Denny Cagur Lolos Jadi Anggota DPR, Gimana Kariernya di Dunia Entertainment?

Namun sebaliknya jika itu pekerjaan yang salah dan mengharuskan resign, Anda akhirnya harus memulai pencarian pekerjaan lagi jika posisi tidak berhasil. 

Viral Pelamar Kerja Wanita Dilecehkan saat Wawancara

Bagi kamu yang tengah mencari pekerjaan baru di tahun 2024 ini, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Berikut ini rangkumannya melansir laman the Ballance.

1. Cari tau kemampuan

Sebelum Anda memulai pencarian kerja, luangkan waktu untuk memastikan mencari pekerjaan yang tepat. Jika perlu, dapatkan pelatihan atau konseling karier untuk membantu Anda berada di jalur yang benar. Gunakan situs pekerjaan teratas untuk mencari pekerjaan yang cocok dengan keterampilan, pengalaman, dan minat Anda.

2. Dapatkan Inside Scooop

Jangan hanya melamar pekerjaan saja.  Ambil langkah lebih jauh. Gunakan koneksi Anda di LinkedIn, Facebook, Twitter, dan situs jaringan lainnya untuk menemukan siapa yang Anda kenal di perusahaan. Mintalah informasi tentang perusahaan, secara umum, serta tentang pekerjaan. Relasi Anda mungkin juga dapat memberi Anda rujukan untuk posisi tersebut. Periksa halaman LinkedIn perusahaan dan profil media sosial untuk mengumpulkan informasi.

3. Wawancara Dua Arah

Ilustrasi wawancara/interview kerja.

Photo :
  • Freepik/yanalya

Bersiaplah untuk menjawab pertanyaan wawancara dan cari informasi tentang daftar pertanyaan wawancara Anda sendiri yang siap untuk ditanyakan. Jika Anda tidak 100% yakin tentang tawaran pekerjaan dan Anda belum bertemu dengan tim yang akan bekerja dengan Anda, tanyakan apakah Anda dapat bertemu dengan bos dan kolega di calon perusahaan Anda. Tidak apa-apa untuk meminta waktu untuk mempertimbangkan tawaran pekerjaan jika Anda perlu memikirkannya.

4. Lihat Budaya Perusahaan

Pekerjaan itu mungkin terdengar hebat, tetapi apakah Anda ingin bekerja untuk perusahaan? Apakah budaya perusahaan cocok untuk Anda pada tahap karir Anda ini? Apakah itu terlalu formal atau terlalu kasual? Bagaimana struktur organisasinya? Apakah ada peluang di sana untuk Anda maju? 

Seperti apa jadwal kerjanya? Apakah fleksibel? Apakah jumlah jam yang diharapkan Anda untuk bekerja sesuai dengan kehidupan pribadi Anda? Luangkan waktu untuk membaca apa yang dikatakan karyawan tentang perusahaan tersebut di sejumlah situs. Kembali ke koneksi LinkedIn Anda dengan pertanyaan lanjutan.

5. Pastikan Pekerjaannya Cocok

Ilustrasi dunia kerja.

Photo :
  • Unsplash

Selain memastikan bahwa Anda ingin bekerja untuk perusahaan, evaluasi tawaran pekerjaan dengan cermat. Apakah Anda benar-benar menginginkan pekerjaan ini? Apakah kamu akan senang melakukannya? Apakah itu akan meningkatkan karir Anda? Apakah itu akan memberi Anda fleksibilitas atau keseimbangan kerja/kehidupan yang Anda butuhkan?

Berbicara mengenai karir, PT Aplikasi Pekerja Indonesia (Jobseeker Company) dan PT. Supra Boga Lestari Tbk (Ranch Market dan Farmers Market) menjalin kesepakatan berkelanjutan terkait implementasi digitalisasi perekrutan dan pengelolaan karyawan.

Kerjasama antara Jobseeker Company dengan PT Supra Boga Lestari Tbk ditandatangani langsung oleh Founder sekaligus CEO Jobseeker Company Chandra Ming dan Chief Human Capital Officer PT. Supra Boga Lestari Tbk Suharno Kusumodjojo yang telah berlangsung sejak 15 Januari 2024.

Melalui kerja sama ini, makan terus menggunakan Applicant Tracking System (ATS) yang dikembangkan oleh Jobseeker Company. Adapun penggunaan ATS membuat proses seleksi kandidat karyawan menjadi lebih optimal dan efisien sehingga meningkatkan kualitas hasil rekrutmen atau sumber daya manusia.

"Era disrupsi di dunia kerja menuntun para pelaku industri untuk cepat beradaptasi. PT. Supra Boga Lestari menangkap ini dengan sangat baik. Digitalisasi rekrutmen karyawan dapat memenuhi kebutuhan kami yang memiliki sekitar 64 toko di belasan kota menjadi lebih terpusat dan terintegrasi dengan baik," ujar Chandra Ming dalam keterangannya. 

Chandra Ming menambahkan, sistem digital dalam proses rekrutmen dapat meningkatkan performa keberhasilan bagi perusahaan, baik dari sisi kecepatan, pencatatan, maupun kualifikasi kandidat. Sementara dari sisi calon tenaga kerja, sistem ATS memberikan kemudahan dan menawarkan pilihan posisi kerja yang sesuai dengan masing-masing keterampilan, keahlian, pendidikan, serta domisili.

Sementara Suharno Kusumodjojo mengungkapkan dengan adanya kerja sama ini, PT Supra Boga Lestari Tbk tidak lagi tergantung kepada job portal pada umumnya, hal ini karena kami telah memiliki job portal sendiri untuk proses screening kandidat karyawan menjadi lebih optimal dan efisien sehingga dapat meningkatkan kualitas hasil rekrutmen serta mempermudah pekerjaan HR.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya