OJK Ungkap Jaringan ATM yang Tidak Terdampak Satelit

Ilustrasi mesin ATM.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace

VIVA.co.id – Permasalahan yang terjadi pada Satelit-1 milik PT Perusahaan Telekomunikasi Indonesia telah menyebabkan ribuan Anjungan Tunai Mandiri perbankan nasional mengalami gangguan. Otoritas Jasa Keuangan dan Bank Indonesia pun terus berkoordinasi dengan Telkom, agar secepatnya bisa menyelesaikan masalah ini.

Warganet Dapat Uang Palsu saat Tarik Tunai di ATM, Ini Kata Bank Indonesia

"OJK dan BI sedang berkoordinasi untuk langkah motivasi, agar seluruh layanan perbankan dapat beroperasi normal sepenuhnya," kata Pelaksana Tugas Deputi Komisioner Manajemen Strategis dan Logistik OJK, Anto Prabowo melalui keterangan resmi, Jakarta, Senin 28 Agustus 2017.

Anto menjelaskan, ATM yang terkena langsung dampak dari masalah satelit tersebut khususnya adalah ATM yang memakai VSAT, yang memang terhubung langsung satelit milik Telkom. ATM yang beberapa hari terakhir mengalami gangguan, umumnya berada di remote area, atau daerah terpencil.

Mesin ATM di Jakut hingga Bekasi Rawan Dibobol, Ini Buktinya

Sementara itu, sebagian besar ATM dan jaringan kantor bank yang umumnya sudah terhubung dengan fiber optik, dipastikan tidak akan terkendala karena masalah tersebut. OJK pun memastikan, layanan nasabah tidak terganggu, meskipun ada beberapa jaringan ATM yang bermasalah.

OJK pun telah meminta perbankan melakukan mitigasi dan komunikasi publik, dengan memanfaatkan sarana komunikasi bank yang dapat dihubungi oleh nasabah setiap waktunya.

Cerita Eza Gionino Minggat dari Rumah Usai Dijadikan Mesin ATM Sama Ibu Tiri

"Masyarakat diminta untuk melakukan konfirmasi kepada call-center bank jika menemui kesulitan dan tidak mudah percaya dengan berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Anto.

Seorang pria terduga pelaku pengganjal mesin kepergok warga saat melakuna aksinya dan dikunci dalam ruangan kaca ATM Center, kawasan Teluk Pucung, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi.

Pelaku Modus Ganjal ATM di Bekasi Tertangkap Basah, Dikunciin Warga di Ruang Kaca

Pelaku ganjal ATM di Bekasi, Jawa Barat, dikunci warga di dalam ruang ATM saat sedang beraksi

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2024