Kabinet Baru 2009-2014

Armida Pegang Posisi Penting Pembangunan RI

VIVAnews - Pengamat senior INDEF Aviliani menilai Menteri Negara PPN/Kepala Bappenas Armida S Alisjahbana memegang posisi penting dalam perencanaan pembangunan.

Sebab selama ini, Bappenas hanya sekedar mengkompilasi rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) dan rencana pembangunan jangka panjang (RPJP) departemen-departemen.

"Armida harus bisa menyatukan RPJM dan RPJP antar departemen menjadi satu visi untuk pencapaian kinerja pemerintah," kata Aviliani di Jakarta, Sabtu, 24 Oktober 2009.

Jika hanya dikompilasi per departemen, dia menambahkan, tidak akan tercapai penurunan kemiskinan dan pengangguran seperti yang ditargetkan pemerintah.

Menurutnya, yang menjadi pekerjaan utama untuk tim ekonomi kabinet sekarang dalam jangka dekat yakni percepatan infrastruktur. "Itu karena peraturannya sudah ada, tinggal implementasinya saja yang belum," kata Aviliani.

Untuk itu, Menko Perekonomian Hatta Radjasa harus memprioritaskan hal tersebut dengan bantuan Kuntoro Mangkusubroto yang membawahi UPK3R agar bisa mendobrak aturan yang menghambat.

"Guna mencapainya, pemerintah perlu menyiapkan insentif fiskal untuk kluster-kluster industri yang akan dibangun," kata dia.

Selain itu, harus mulai mereview kebijakan karena beberapa tahun yang lalu, antardepartemen masih terjadi kerancuan seperti di perdagangan dan industri yang kontraproduktif.

antique.putra@vivanews.com

Ngaku Alami Kekerasan dari Mantan Pacar, Ternyata Ini Alasan Nikita Mirzani Gak Lapor Polisi
As SDM Kapolri Irjen Pol Dedi Prasetyo

37 Penyandang Disabilitas Daftar Rekrutmen Bintara Polri

Rekrutmen Bintara dari kelompok disabilitas merupakan yang pertama kali dilakukan Polri pada tahun ini.

img_title
VIVA.co.id
1 Mei 2024