Proyek Jasa Marga yang Terhenti Akibat Moratorium

Proyek jalan layang
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

VIVA – Pemerintah memberhentikan untuk sementara waktu seluruh proyek infrastruktur berat. Sederet kecelakaan kerja dan yang terakhir terjadi pada proyek Tol Becakayu pada Selasa 20 Februari 2018, menjadi pertimbangan utama penghentian sementara ini.

Indonesia-AS Kerja Sama Perkuat Pembiayaan Infrastruktur

Menanggapi pemberhentian sementara atau moratorium proyek infrastruktur berat, PT Jasa Marga Tbk mengaku hanya terpengaruh dengan pekerjaan elevated atau proyek jalan layang saja.

"Beberapa yang terpengaruh antara lain ruas jalan tol Japek elevated Cikunir Karawang Barat, ruas jalan tol Relokasi Porong Gempol dan jembatan-jembatan yang ada di ruas jalan tol yang dibangun Jasa Marga," kata AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru dalam keterangannya, Rabu, 21 Februari 2018.

Hutama Karya Mohon Uang Muka Proyek Dikembalikan Jadi 20 Persen

Sementara untuk pekerjaan lain yang tidak berada di layang, proyek tetap akan berlangsung. Dia berharap evaluasi dapat segera diselesaikan, sehingga proyek infrastruktur dapat dilaksanakan kembali dengan metode kerja dan prosedur konstruksi yang sesuai dengan arahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait keselamatan dan kesehatan kerja.

"Diharapkan pekerjaan yang moratorium dapat dikerjakan kembali apabila telah mendapatkan rekomendasi dari Kemen PUPR atau yang kompeten," katanya.

Utang Pemerintah ke Wijaya Karya Capai Rp59 Miliar

Ia pun mendukung kebijakan pemerintah dengan meminta pelaksana proyek jalan tol dan jembatan Jasa Marga yang layang untuk mengajukan metode kerja dan prosedur kontruksi untuk dievaluasi oleh Kementerian PUPR.

Presiden Jokowi tunjuk pemimpin Lembaga Pengelola Investasi Indonesia

Terlambat Lahir, Jokowi Yakin INA Kejar Ketertinggalan Indonesia

Jokowi berharap INA memiliki posisi strategis dalam percepatan pembangunan yang berkelanjutan di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2021