Ingin Punya Pekerjaan yang Asik, Jawab Dulu Pertanyaan Ini

Salah satunya, sambut pagi hari dengan senyuman.
Sumber :
  • Pixabay/FirmBee

VIVA – Bagaimana Anda memutuskan apakah perusahaan itu tepat untuk Anda? Manajer perekrutan bisa mengatakan semua hal yang benar selama wawancara, tapi bagaimana Anda tahu apakah Anda akan cocok atau justru menonjol karena sangat berbeda dengan yang lainnya?

Heboh Loker PT KAI Dianggap Sulit, Tere Liye: Kalau Mau Gampang Daftar Jadi Caleg DPR

Semua orang tahu betapa mengecewakannya memiliki harapan tinggi dan kemudian menyadari selama minggu pertama bekerja, keadaan tidak sesuai seperti harapan. Mungkin, Anda telah melakukannya dengan cara yang salah. 

Daripada hanya menerimanya begitu saja, Anda harus menempatkan diri di kursi pengemudi. Itu berarti bertanya pada diri sendiri seperti apa pekerjaan dan atasan yang ideal untuk Anda, dan mengajukan permohonan kepada perusahaan yang sesuai dengan kriteria, bukan hanya menanggapi iklan pekerjaan.

KAI Buka Suara soal Syarat Loker IPK 3,5 hingga Skor TOEFL 500

Pertama, Anda harus memulai dengan mengajukan pertanyaan berikut yang dihimpun JobStreet.com, Sabtu 10 Maret 2018, untuk kejelasan tentang tujuan pekerjaan Anda

1. Apa hari kerja yang ideal bagi Anda?

PT KAI Buka Lowongan Kerja Syarat Minimal IPK 3,5, Netizen Heboh

Apakah itu melibatkan jam kerja yang fleksibel dan pilihan kerja jarak jauh? Atau mungkin hari kerja ideal Anda mencakup urusan dengan orang-orang baik dalam kapasitas penjualan atau layanan pelanggan. Semakin spesifik Anda, semakin jelas tujuan dan prioritas Anda, yang akan membantu mengidentifikasi pekerjaan dan perusahaan yang tepat untuk ditargetkan dalam pencarian pekerjaan Anda.

2. Apa gagasan Anda tentang lingkungan kerja yang sempurna?

Anggap ini sebagai daftar keinginan Anda tentang pimpinan impian Anda. Jangan takut bermimpi besar. Tidak ada yang mustahil bila kita memikirkannya. 

Jelaskan hal yang Anda inginkan di lingkungan kerja yang sempurna, serta hal yang yang dapat disepakati. Mungkin Anda tidak bisa mentolerir bau asap rokok. 

Jika demikian, kantor dengan ruang merokok mungkin merupakan jalan keluar untuk Anda. Apa pun itu, mengetahui apa yang Anda inginkan dan tidak inginkan akan membantu mempersempit daftar perusahaan yang kompatibel atau sesuai.

3. Apa yang mendorong Anda?

Apa motivasi utama Anda saat pekerjaan menjadi perhatian? Gairah untuk industri? Atau mungkin Anda didorong oleh target penjualan dan margin keuntungan. Tidak apa-apa juga. 

Yang penting bagi Anda untuk mengetahui apa yang memotivasi Anda, jika tidak, Anda tidak akan tahu apakah calon pimpinan Anda mampu memotivasi Anda.

4. Gaya kepemimpinan macam apa yang menginspirasi Anda?

Apakah Anda lebih memilih bos berwibawa yang menetapkan tujuan visioner dan mengilhami kreativitas dan sumber daya dari Anda untuk mencapai tujuan tersebut? Atau mungkin Anda merespons gaya kepemimpinan pelatih lebih baik yang berfokus pada pengembangan dan mengasah talenta dan keterampilan karyawan? 

Dekorasi ruang kerja dari Film The Devil Wears Prada

5. Beri nama tiga faktor yang menentukan pilihan pimpinan Anda

Apa tiga faktor teratas yang biasanya memengaruhi pilihan pimpinan Anda? Bagi beberapa orang, gaji dan tunjangan menentukan keputusan mereka, sementara untuk orang lain adalah lingkungan kerja. 

Apakah keragaman tempat kerja sesuai pilihan Anda? Penting untuk merenungkan faktor-faktor ini dan faktor penentu lainnya, karena hal itu menentukan prioritas Anda.

Apakah prioritas ini salah tempat? Jika Anda memilih pimpinan berdasarkan alasan keuangan dan bukan lingkungan kerja, mungkin Anda bisa menjelaskan mengapa Anda merasa ini bukan tempat Anda. Ada banyak alasan mengapa Anda tidak menemukan pimpinan yang tepat untuk bekerja, tapi bermuara pada prioritas Anda saat Anda memutuskan untuk menerima tawaran pekerjaan.

6. Anggota tim seperti apa yang ingin Anda miliki?

Pikirkan anggota tim terbaik yang pernah Anda miliki dalam karier Anda sejauh ini. Seperti apa mereka? Hal apa yang Anda bagi bersama? Mengetahui hal ini akan memberi kejelasan kepada jenis pimpinan yang harus Anda targetkan. 

Memiliki rekan kerja yang berpikiran sama membuat perbedaan besar pada produktivitas dan kepuasan kerja secara keseluruhan. Di sisi lain, Anda mungkin seorang introvert yang lebih suka bekerja secara terpisah. 

Jika memang begitu, Anda pasti tidak ingin bekerja di perusahaan yang mendorong suasana kerja yang ramah.

Sekarang setelah Anda mempersempit atribut dan nilai dari pimpinan impian Anda, bagaimana Anda menemukan prospek yang sesuai? 

Inilah cara mendapatkan bagian dalam pada budaya kerja perusahaan, yang mencakup penjelajahan ulasan perusahaan online. Ada banyak informasi yang bisa Anda dapatkan untuk membantu pencarian pekerjaan Anda. Itu hanya membutuhkan sedikit usaha untuk menyaring semua itu, namun hal itu membawa kebaikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya