Hari Kedua Ganjil Genap, Tol Bekasi ke Cawang 47 Menit

Ganjil genap di tol Cikampek
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf

VIVA – Pelaksanaan aturan ganjil genap di pintu Tol Bekasi Timur dan Barat memasuki hari kedua. Badan Pengelola Transportasi Jakarta atau BPTJ mengklaim situasi lalu lintas di dalam tol pada pukul 06.00 WIB-09.00 WIB semakin lancar.

Pasar Tomang Dibuka Lagi, Ganjil Genap Tak Diberlakukan

Kepala BPTJ, Bambang Prihartono mengatakan pada hari kedua ini rata-rata waktu tempuh perjalanan dari pintu Tol Bekasi ke Cawang mencapai 47 menit. Padahal, sebelumnya pada jarak tersebut ditempuh selama 1,5 jam.

Selain itu, lanjut dia, untuk jalur alternatif Kalimalang pada Selasa pagi ini juga menunjukkan kelancaran dan tidak terdapat penumpukan kendaraan seperti yang dahulu diperkirakan.

Salat Jumat 1 Gelombang, MUI Tangerang: Jika Penuh Gunakan Gedung Lain

"Hari kedua ini semakin baik, ada pergeseran pola pergerakan orang menjadi lebih pagi. Jalan tol lancar dan alternatif juga bagus masih lancar," jelas Bambang kepada VIVA, Selasa 13 Maret 2018.

Ia mengungkapkan, meski pada hari kedua ini berjalan baik, pihaknya akan terus memantau kebijakan ini selama seminggu ke depan. Hal tersebut diharapkan bisa menjadi acuan untuk diterapkan di wilayah lain.

Ultimatum Pedagang, Anies: Ganjil Genap Atau Tidak Buka Sama Sekali

Penerapan Ganjil Genap di Pintu Tol Bekasi Timur.

Kemudian, untuk hari ini, kata Bambang, aturan terkait sterilisasi jalur satu di dalam tol untuk angkutan bus terus dilakukan. Sebab, masih ada saja pengendara yang belum tahu aturan tersebut diterapkan selain ganjil genap.

"Hari ini PR-nya itu sterilisasi jalur khusus bus, hari ini kita tertibkan karena kemarin masih ada kendaraan masuk di jalur satu. Besok kita lihat penerapannya lagi," tambahnya.

Sementara itu, Bambang juga mengakui berhasilnya upaya mempercepat laju kendaraan di jalan tol Bekasi hingga Cawang lantaran upaya pembatasan kendaraan berat yang melintasi Ibu Kota di pagi hari.

Seperti diketahui, BPTJ Kementerian Perhubungan menerapkan tiga kebijakan untuk mengurai kemacetan di Tol Jakara-Cikampek. Aturan itu adalah ganjil genap yang berlaku 12 Maret 2018, Pembatasan kendaraan berat dan penyediaan bus Trans Jabodetabek.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya