Wajib Pajak Tak Membeludak, Lapor SPT Sudah Banyak Online

Direktur Jenderal Pajak Robert Pakpahan.
Sumber :
  • Arrijal Rachman/VIVA.co.id.

VIVA – Direktur Jenderal Pajak Robert Pakpahan, melakukan kunjungan langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Wajib Pajak Besar di Jakarta. Upaya ini dilakukan guna meninjau langsung pelaksanaan penyampaian laporan SPT PPh orang pribadi yang akan memasuki batas akhir pelaporan pada 31 Maret 2018.

Lagi Dapat Sorotan, Pelapor SPT Tahunan Wajib Pajak 2023 Malah Meningkat Drastis

Berdasarkan tinjauan langsung tersebut, Robert mengatakan, pelaporan SPT secara langsung ke KPP oleh wajib pajak sudah tidak terlalu padat dan membuat antrean panjang. Hal ini karena sudah berjalan baiknya layanan pelaporan SPT secara online.

"Kelihatannya pemanfaatan e-filing di tempat masing-masing sudah makin banyak. Jadi masa-masa penyampaian SPT di Maret tidak seramai tahun-tahun sebelumnya, enggak membeludak. Kalau dulu kan sampai bikin tenda karena banyak," ujar Robert usai melakukan tinjauan, Kamis 29 Maret 2018.

Jokowi Ajak Masyarakat Lapor SPT Pajak Tahunan Lewat e-Filing

Selain itu, dia menjelaskan, pelayanan di kantor pajak saat ini telah baik dan tertata rapi untuk alur pelaporannya, sehingga tidak menyulitkan wajib pajak untuk menyampaikan pelaporan SPT tahunannya.

"Saya lihat sistem sudah berjalan dengan baik. Ada nomor antrean, kalau mau ambil e-fin ada tempatnya, kalau mau e-filing dibantu ada tempatnya. Dan antreannya banyak tapi kelihatannya masih on schedule, enggak terlalu membeludak," ungkapnya.

Hari Terakhir, Baru 10,53 Juta Wajib Pajak yang Lapor SPT

Robert juga menyampaikan, mengingat waktu batas akhir penyampaian laporan SPT yang sudah semakin dekat, masyarakat diimbau segera melakukan pelaporan, baik dengan datang langsung ke kantor pajak ataupun melalui online.

"Kami cukup happy melihat kesadaran masyarakat menyampaikan SPT semakin meningkat. Saya mengimbau masih ada waktu, hari ini, hari Sabtu, dan besok memang libur, tapi kan menyampaikan lewat e-filing masih bisa. Sabtu kami buka semua KPP," paparnya.

Khusus untuk hari Sabtu, Robert mengatakan, KPP akan buka hingga malam hari, atau hingga terlayani semua pelaporan SPT wajib pajak. 

"Jadi fleksibel, hari Sabtu kami buka sampai terlayani semuanya. tetapi lagi-lagi ini kan menggunakan internet untuk menyampaikan SPT, bukan yang sulit lagi," dia menambahkan.

Adapun untuk jumlah total penerimaan laporan SPT hingga hari ini, Robert mengatakan, sudah mencapai 9,2 juta SPT. Atau sudah tumbuh 12 persen dari penerimaan tahun lalu.

"Kini kan minggu terakhir SPT PPh orang pribadi sebenarnya. Target kami mencapai 80 persen untuk orang pribadi dan WP badan. WP badan kan jatuh temponya April," tuturnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya