Mengintip Arah Suku Bunga BI di Tahun Pertama Perry Warjiyo

Calon Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo
Sumber :
  • REUTERS/Willy Kurniawan

VIVA – Bank Indonesia di bawah kepemimpinan Perrry Warjiyo telah mendeklarasi akan mengambil kebijakan yang pro stabilitas dan pro pertumbuhan ekonomi. 

Bank Indonesia Naikkan BI Rate Jadi 6,25 Persen Demi Stabilkan Rupiah

Menurut Deputi Gubernur BI, Sugeng, kebijakan moneter yang akan diambil ke depan adalah bagaimana menjaga inflasi yang tetap stabil. Sehingga kebijakan untuk tidak menaikkan tingkat suku bunga dapat dilakukan. 

"Kita meng-handle inflasi yang stabil ke depan, sampai tahun ke depan bagus. Itu juga akan bisa memberikan room bagi bank Indonesia, katakanlah bahwa tidak harus menaikkan suku bunga. Karena inflasinya masih stabil," kata Sugeng di sela acara The Economist Event Indonesia Summit 2018, di Jakarta, Kamis 5 April 2018.

Ekonom Prediksi BI Tahan Suku Bunga Acuan di 6 Persen, Ini Faktornya

Tak hanya itu, sambungnya, BI akan terus melakukan eksplorasi kebijakan-kebijakan laninya. Seperti, kebijakan di perbankan RI supaya pengelolaan likuiditas secara baik sehingga dapat memberikan pinjaman atau lending lebih tinggi lagi. 
 
"Sekarang lending kita kan masih rendah kan. Maksudnya, masih di bawah 10 persen pertumbuhan kredit. kami bekerja sama tidak hanya dengan pemerintah, dengan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) juga sangat dekat sekali," katanya.  

Sementara itu, terkait dengan rencana revisi Undang-undang BI Nomor 3 Tahun 1999, yang diinginkan oleh Gubernur BI terpilih, Perry Warjiyo, Sugeng belum bisa berkomentar. 

BI Sebut Perlambatan Ekonomi 2024 Dipengaruhi Negara-negara Eropa dan China

"Revisinya belum, saya belum lihat. Yang set Pak Perry, tanyain pak Perry nanti," ujarnya. 

Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi Moneter BI, Juli Budi Winantya (kanan)

BI Pede Ekonomi RI 2024 di 5,5 Persen Meski Suku Bunga Naik 

Bank Indonesia (BI) ini telah menaikkan suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 6,25 persen pada April 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024