Alasan Presiden Jokowi Jadikan Buwas Dirut Bulog

Presiden Joko Widodo di Musrenbangnas 2018.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rijal Rachman

VIVA – Presiden Joko Widodo mengungkap alasan pemerintah menunjuk mantan Kepala BNN, Komisaris Jenderal (Purn) Budi Waseso menjadi Direktur Utama Badan Urusan Logistik (Bulog). Sosok yang kerap disapa 'Buwas' itu dinilai memiliki rekam jejak yang teruji untuk diberi kepercayaan memimpin BUMN yang membidangi pangan.

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

"Kita perlu orang yang tegas, orang yang berani, orang yang jujur, orang yang memiliki rekam jejak untuk mengelola Bulog. Di situ (alasan Buwas ditunjuk)," ujar Jokowi usai membuka Musrenbang Nasional di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin, 30 April 2018.

Menurut Jokowi, Bulog adalah salah satu BUMN paling strategis karena bertanggung jawab terhadap pemenuhan kebutuhan utama rakyat, yaitu pangan. Jokowi ingin ketegasan yang ditunjukkan Buwas, baik sama memimpin BNN, atau Bareskrim Mabes Polri sebelumnya, diterapkan juga terhadap Bulog.

Menko Luhut Ingatkan Visi Poros Maritim Dunia Harus Terealisasi

"Kita mengerti persoalan perut, persoalan beras, adalah persoalan rakyat. Jadi kita memerlukan sosok seperti yang tadi saya sampaikan," ujar Jokowi.

Buwas ditetapkan menjadi Dirut Bulog oleh Kementerian BUMN pada Jumat, 27 April 2018, menggantikan Djarot Kusumayakti. Keputusan itu ditetapkan dalam Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-115/MBU/04/2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-anggota Direksi Perusahaan Umum (Perum) Bulog.

Bonus Setara, Ketua NPC Indonesia Apresiasi Presiden dan Menpora

Dalam salinan keputusan tersebut, juga ditetapkan Triyana yang diangkat menjadi direktur keuangan menggantikan Pardiman.

Pada saat yang sama, Kementerian BUMN juga menetapkan Teten Masduki sebagai ketua Dewan Pengawas Bulog menggantikan Sudar Sastro Atmojo. Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-116/MBU/04/2018.

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, dinobatkan sebagai Pemimpin Paling Populer 2021. Penghargaan diberikan oleh PR Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
10 Desember 2021