Aturan Ganjil Genap di Pintu Tol Karawaci Ditangguhkan

Aturan Ganjil-Genap Jalan Tol
Sumber :
  • ANTARA Foto/Risky Andrianto

VIVA – Rencana uji coba kebijakan pengaturan kendaraan pribadi dengan skema ganjil-genap di Pintu Tol Karawaci 2 dan Karawaci 4, yang semula akan dilaksanakan pada Senin 7 Mei 2018, diputuskan untuk ditangguhkan. 

Kemenko Maritim: Penutupan Jalan Tol Jabodetabek Tunggu Pemda

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono menjelaskan, penangguhan dilakukan karena upaya untuk mengurangi antrean yang masih terjadi di ruas tol Tangerang-Jakarta. pihak terkait akan Fokus terlebih dahulu pada bagaimana membenahi sirkulasi lalu lintas di persimpangan Tomang.

"BPTJ saat ini sedang proses menyelesaikan analisis dan perhitungan pengaturan waktu lampu lalu lintas di persimpangan Tomang," ujar Bambang dikutip dari keterangan resminya, Jumat 4 Mei 2018. 

BPTJ Sebut Ada Subsidi Angkutan Umum di Jalan Berbayar Perbatasan

Dari perhitungan dan analisis yang dilakukan Bambang menjelaskan, akan dilihat kemungkinan untuk menambah waktu nyala lampu hijau di pintu keluar tol dari arah Tangerang ke Jakarta yang ada di persimpangan Tomang. Sehingga akan semakin mengurangi antrean yang masih terjadi.  

Namun lanjutnya, hal itu tentu akan melihat dampaknya terhadap keseluruhan pengaturan lalu lintas, di semua jalan yang terhubung dengan persimpangan Tomang. 

Tersedia 20 Bus, Jalan-jalan Blok M-Puncak Segini Tarifnya

"Hasil perhitungan dan analisis nantinya masih akan dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta," tambahnya. 

Sebelumnya, uji coba kebijakan penanganan kemacetan di ruas tol Tangerang-Jakarta mulai 16 April 2018 lalu diklaim telah membuahkan dampak positif. Selama uji coba  dua pekan, panjang atrean yang terjadi selama waktu pemberlakukan kebijakan di ruas tol Tangerang  Jakarta (Senin  Jumat pukul 06.00  09.00 WIB) berkurang hingga separuhnya. 

Data Jasa Marga menyebutkan panjang antrian kendaraan berkurang dari semula 18 kilometer menjadi 8 km. Selain itu terdapat pula penurunan volume kendaraan di Gerbang Tol Kunciran 2 dan Tangerang 2 sebesar 24,9 persen.

Ada pula peningkatan kecepatan rata-rata di ruas Tangerang-Jakarta sebesar 24,9 persen. Yang semula tercatat 22 km per jam menjadi 27,6 km per jam.

Dengan keputusan penangguhan ini, untuk sementara pada pintu tol Karawaci arah Jakarta tidak diberlakukan kebijakan pengaturan kendaraan pribadi dengan skema ganjil-genap. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya