JK Minta Investor China Prioritaskan Tenaga Kerja Lokal

Wakil Presiden Jusuf Kalla (tengah kanan)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta investor China untuk senantiasa memprioritaskan tenaga kerja Indonesia pada setiap proyek investasi mereka di Tanah Air. Hal itu disampaikan JK kepada para investor Tiongkok, juga Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang, dalam jamuan makan malam Indonesia - China Business Forum.

Satu Lagi Perusahaan China Relokasi ke RI, Siap Serap 4.000 Pekerja

"Peningkatan investasi harus dilakukan dengan penekanan, memprioritaskan tenaga kerja Indonesia," ujar JK di Grand Ballroom Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin, 7 Mei 2018.
 
Selain itu, JK meminta kalangan dunia usaha China dapat memberi nilai tambah bagi industri hulu dan hilir dalam negeri, menjaga lingkungan, memastikan dihasilkannya kualitas produk dan layanan yang prima, serta terjadinya alih teknologi.

Adapun sejumlah sektor yang masih bisa ditingkatkan investasinya oleh China di antaranya industri manufaktur, pengolahan energi ramah lingkungan, dan pembangunan infrastruktur.

Virus Corona Picu Ketidakpastian Ekonomi Dunia

"Di bidang investasi, Tiongkok adalah investor terbesar ketiga di Indonesia. Tentu harapan kita, akan jadi lebih besar lagi," ujar JK. (ase)

Bank Indonesia (BI)

RI-China Sepakat Gunakan Rupiah-Yuan untuk Transaksi dan Investasi

Itu disepakati melalui Local Currency Settlement.

img_title
VIVA.co.id
30 September 2020