Jokowi dan PM Modi Sepakati Kerja Sama Kemaritiman

Jokowi dan PM India Narendra Modi
Sumber :
  • Twitter/ @MEAIndia

VIVA - Keamanan di bidang maritim, terutama Pasifik, menjadi salah satu kesepakatan dalam pertemuan bilateral Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri India, Narendra Modi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 30 Mei 2018.

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Faktor keamanan kemaritiman sangat penting. Jokowi mengatakan, kerja sama intens itu juga sudah terjadi dalam kerja sama di IORA (Indian Ocean Rim Association).

"India juga adalah mitra strategis Indonesia di bidang politik dan keamanan dan salah satu perwujudannya adalah kemitraan di bidang maritim, dua negara kita bekerja aktif dalam kerja sama IORA," kata Jokowi, dalam pernyataan pers bersama.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Antara kedua negara, lanjut Jokowi, juga sudah intens untuk berkomunikasi. Di antaranya dengan kesepakatan kerja sama di sektor infrastruktur dan konektivitas, termasuk pembangunan di Pulau Sabang dan Pulau Andaman.

"Nilai strategis hubungan India dan Indonesia juga ditunjukkan dengan pembaruan kerja sama di bidang pertahanan dan join production di industri strategis, termasuk pembuatan water cannon yang telah dilakukan," kata Jokowi.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Sementara itu, PM Modi mengatakan, India juga menghadapi berbagai perubahan. Maka untuk mengantisipasi itu, perlu kerja sama. Dengan Indonesia, menurutnya, sudah tepat mengingat kedua negara juga berada di kawasan Indo-Pasifik.

"Keamanan dan kesejahteraan bagi semua negara di kawasan adalah kebijakan India untuk menoleh ke timur sangat sejalan dengan visi Presiden Jokowi mengenai poros maritim dunia," katanya.

Dia sepakat, hubungan kedua negara ini ditingkatkan menjadi kemitraan strategis. Untuk memperkuat kerja sama sektor maritim, menurutnya, sudah disepakati peta jalan pada 2016 lalu. Tinggal sekarang, bagaimana implementasi dari kesepakatan-kesepakatan yang telah dilakukan tersebut.

"Banyak kesamaan antara India dan Indonesia," katanya.

Dalam bilateral itu juga, ditandatangani MoU baik antara pemerintah dengan pemerintah, maupun antara pemerintah dengan non-pemerintah. Di antaranya, kedua pemerintahan sepakat mengenai kerjasama di bidang pertahanan.

Sementara itu, di MoU antara pemerintah dengan non-pemerintah, dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman antara PT Pindad (Persero) dan Bhukanvala.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya