Temui Jokowi, PM Mahathir Jajaki Lagi Bangun Mobil ASEAN

Presiden Jokowi dan Mahathir Mohamad di Istana Bogor
Sumber :
  • VIVA/Agus Rahmat

VIVA – Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, mengutarakan lagi pembicaraannya dengan Presiden Joko Widodo pada 2015.

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

Pada saat itu, Presiden Jokowi sedang melakukan lawatan ke negeri jiran itu. Walau Mahathir sudah tidak menjadi perdana menteri, tetapi keduanya berkesempatan bertemu.

"Kami juga pada masa lawatan itu sudah berbincang akan kemungkinan membangunkan kereta (mobil) Malaysia-Indonesia yang boleh diguna seluruh ASEAN," kata Mahathir, dalam keterangan pers bersama, di Istana Bogor, Jumat 29 Juni 2018.

Menko Luhut Ingatkan Visi Poros Maritim Dunia Harus Terealisasi

Mahathir tidak menjelaskan, seperti apa teknisnya. Namun, keinginan itu, tidak bisa terwujud. Ia juga tidak menjelaskan, kenapa itu tidak bisa diwujudkan.

"Tetapi karena sebab-sebab tertentu kami tidak dapat teruskan dengan proyek ini. Tetapi sekarang ini, kami berhajat (berkeinginan) untuk menghidup semula (lagi) proyek ini," jelas Mahathir.

Bonus Setara, Ketua NPC Indonesia Apresiasi Presiden dan Menpora

Malaysia memiliki industri mobil yakni Proton. Sementara itu, Indonesia, masih belum ada. Di era Orde Baru, sempat disebut-sebut bahwa mobil Timor adalah mobil nasional.

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, dinobatkan sebagai Pemimpin Paling Populer 2021. Penghargaan diberikan oleh PR Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
10 Desember 2021