Dapat Dana Segar dari IPO, MAP Aktif Bakal Buka Seratusan Gerai Baru

Gerai Clarks di Grand Indonesia
Sumber :
  • VIVA/Isra Berlian

VIVA – PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk, dengan kode emiten MAPA, hari ini resmi melantai di Bursa Efek Indonesia. Melalui dana segar yang diperoleh, perusahan berencana melakukan ekspansi usaha dengan membuka gerai baru.

Misi Pemerintah Lewat Transformasi Digital Capai Target Pertumbuhan Ekonomi 5,2% di 2024

Sekretaris Perusahaan MAA, Ratih Darmawan Gianda mengatakan, rencananya akan ada 100 gerai baru yang akan dibuka. Mulai dari Sketchers, Clarks, maupun Planet Sport.

"Rencananya mix, karena kami ada konsep store juga. Kami ada Mono Brand, seperti yang tadi saya sebutkan. Jadi, breakdown-nya enggak harus konfirmasi, tetapi kisaran 100 gerai," ucapnya, saat di temui di Gedung BEI, Kamis 5 Juli 2018.

Aprindo Sebut Industri Ritel Pulih Kalau Pandemi Sudah Jadi Endemi

Hingga saat ini, lanjut dia, gerai untuk ekspansi tersebut telah dibuka sekitar 50 gerai atau setengahnya dari perkiraan target ekspansi. Sedangkan untuk gerai yang dimiliki saat ini telah mencapai 963 gerai yang tersebar di 71 kota.

"Store lebih banyak di Pulau Jawa, karena memang ekonomi memang sudah ada di Jakarta, Surabaya, jadi banyak di Jawa. Di Jawa, kalau dari sales mungkin bisa mencapai sekitar 70 persen," kata Ratih.

Curhat Pelaku Industri Ritel Tak Diajak Koordinasi Soal PPKM Darurat

Selain itu, Rating juga mengatakan, MAA juga tidak tertutup kemungkinan untuk kembali melakukan akuisisi. Hingga saat ini, akuisisi perusahaan yang telah dilakukan antara lain merek Lego, Clarks, serta Aztec.

"Baru-baru ini, juga Aztec dengan Susi Susanti dan Alan, tapi belum beroperasi. Tetapi, kami sudah jalin kerja sama," tuturnya.

Meski begitu, Ratih tak memungkiri, penutupan gerai juga akan dilakukan perusahaan hingga akhir tahun. Namun, jumlah gerai yang ditutup tidak akan lebih banyak dari yang dibuka.

"Agak sulit dijawab (terkait jumlahnya). Karena, tiap bulan berubah-ubah. Kami tiap minggu, bahkan kami lakukan internal meeting untuk melihat performance store itu. Tapi yang sudah pasti dibandingkan dengan yang kami buka itu kecil sekali yang harus kami tutup," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya