Pekan Kedua Juli, Dana Asing ke RI Capai Rp7,1 Triliun

Dolar AS.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Bank Indonesia mencatat, sejak 2 Juli hingga 12 Juli 2018, arus dana asing sudah mulai masuk ke pasar keuangan domestik, khususnya ke pasar Surat Berharga Negara atau SBN.

Rupiah Menguat Pagi Ini Terdorong Optimisme Ekonomi RI Bakal Tumbuh di Atas 5 Persen

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, pada masa tersebut, total dana yang masuk ke SBN berjumlah Rp7,1 triliun, di mana umumnya masuk kepada SBN yang berjangka panjang di atas 10 tahun.

"Ini menunjukkan bahwa confident pasar, investor asing, untuk berinvestasi di Indonesia, khususnya di pasar SBN itu cukup kuat," ucapnya saat ditemui di kompleks BI, Jakarta, Jumat, 13 Juli 2018.

Gubernur BI Sebut Rupiah Menguat Menuju Rp 15.800 per Dolar AS, Ini Faktor Pendukungnya

Perry mengatakan, sudah masuknya aliran dana asing tersebut tidak lepas dari koordinasi yang baik antara BI dan Kementerian Keuangan sebagai penerbit SBN dan sebagai pelelangnya dengan pemenangan yang semakin tinggi.

"Dan itu juga terima kasih, koordinasi kami dengan Kementerian Keuangan sangat erat untuk semakin meningkatkan, dan memperkuat confident investor terhadap pasar SBN kita," ujarnya menjelaskan.

Rupiah Perkasa ke Rp 16.088 per Dolar AS Usai Rilis Data Inflasi RI

Di samping itu, kata dia, untuk supply dolar dari korporasi ke pasar keuangan atau pasar valuta asing (valas), rata-rata perharinya berada dikisaran US$500 juta sampai US$600 juta per harinya.

"Terima kasih juga para korporasi, para eksportir, yang juga confident dan mensupply kebutuhan-kebutuhan di pasar valas, dan itu juga semakin memperkuat stabilitas nilai tukar rupiah kita." (mus)

Karyawati menunjukkan mata uang rupiah dan dolar AS di salah satu gerai penukaran mata uang asing di Jakarta.

Melemah ke Level Rp 16.058 Per Dolar AS, Ada Harapan Rupiah Menguat Hari Ini

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2024 yang mencapai 5,11 persen secara year on year (yoy) hembuskan sentimen positif terhadp pergerakan rupiah.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024