Mengintip Peluang Bisnis yang Bakal Untung Saat Asian Games

Persiapan Asian Games di Bandara Soekarno-Hatta
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Kompetisi olahraga se-Asia, Asian Games 2018, bakal digelar di Indonesia mulai 18 Agustus 2018 mendatang. Banyak peluang bisnis yang sebetulnya bisa diambil dari gelaran tersebut.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Shinta Widjaja Kamdani mengatakan, beberapa jenis usaha yang akan diuntungkan dengan gelaran ini, terutama dari sektor pariwisata, makanan dan minuman.

Selain itu, perhelatan Asian Games ini, kata Shinta juga bisa dijadikan ajang promosi produk dalam negeri ke warga Asia, khususnya pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Industri Tekstil Berpeluang Raup Cuan di Pemilu 2024

"Para UMKM juga bisa banyak dilibatkan untuk promosi produk dalam negeri," kata Shinta kepada VIVA di Jakarta, Jumat 27 Juli 2018.

Ia mengakui, gelaran ini bisa mendorong pertumbuhan ekonomi. Namun, untuk hasil yang langsung dirasakan adalah konsumsi dari para peserta yang akan datang ke Indonesia.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

"Kalau untuk hasil yang langsung adalah memanfaatkan konsumsi dari para peserta yang akan datang di sektor tersebut (pariwisata makanan dan minuman)," ujarnya.

Ia menegaskan, Asian Games harus dimanfaatkan pengusaha sebagai ajang promosi. Banyak yang bisa dipromosikan mulai dari makanan, kerajinan tangan dan barang konsumtif lainnya.

"Asian Games bisa dimanfaatkan sebagai ajang promosi untuk makanan minuman, kerajinan tangan, barang-barang konsumtif lainnya. Pusat perbelanjaan, restoran, tempat hiburan, dan lainnya," ujarnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya