Wirausahawan Muda Ditantang Kreatif di Ajang Ini

Ilustrasi orang atau pengusaha kaya.
Sumber :

VIVA – Wirausahawan muda kembali ditantang tahun ini. Mereka diberikan peluang untuk tumbuh dan berkembang. 

Mengintip Manfaat UU Cipta Kerja Dalam Mendukung Entrepreneurship

Bahkan, mereka berpotensi mendapatkan hadiah hibah modal usaha dengan total Rp2 miliar dan bimbingan usaha. Peluang itu diberikan melalui kompetisi wirausaha Diplomat Success Challenge (DSC) yang kembali digelar pada 2018. 

Memasuki tahun ke-9 penyelenggaraan kompetisi ini, pendaftaran kompetisi ini mulai dibuka secara daring (online) sejak 1 Agustus dan ditutup pada 1 Oktober 2018.

BRI Akselerasi Pelaku Usaha UMKM Muda, Lewat Pengusaha Muda Brilian

"Melalui DSC, kami yakin dapat terus mendukung Indonesia untuk lebih memperkuat sektor kewirausahaan di Tanah Air," ujar Doni Arya, selaku perwakilan PT Wismilak Inti Makmur Tbk dan juga penyelenggara DSC, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu 1 Agustus 2018.

Komitmen DSC itu sejalan dengan program pemerintah terhadap pengembangan kewirausahaan di Indonesia. Pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, Kementerian Perindustrian menargetkan untuk menumbuhkan 20.000 wirausaha baru hingga akhir 2019.
 
Setelah tahap pendaftaran, ajang kompetisi ini akan memulai rangkaian kegiatan melalui audisi untuk mengkurasi wirausaha muda Indonesia yang memiliki bisnis maupun ide bisnis yang inovatif, kreatif, bernilai ekonomi tinggi.

Sandiaga Uno: Jangan Takut dengan Risiko, Saya Juga dulu 'Zonk'

Selain itu, mampu memberikan dampak luas bagi masyarakat. Audisi peserta terpilih (challenger) akan dilakukan di tiga kota, yaitu Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta.
 
Pada tahun ini, DSC akan menghadirkan para juri (Dewan Komisioner) yang terdiri atas Surjanto Yasaputera,  profesional di dunia marketing, sebagai ketua  Dewan Komisioner, juga Helmy Yahya, direktur utama TVRI.

Selain itu, terdapat Antarina SF Amir, direktur Pengelola HighScope Indonesia dan Veronika Linardi, pendiri dan CEO Qerja.com. 

Dewan Komisioner akan memberikan tantangan (market challenge) kepada peserta untuk menguji penguasaan aspek strategi dan operasional bisnis (Paham), solusi teknis dan inovasi (Piawai) juga kepribadian sebagai pengusaha tangguh (Persona) yang menjadi dasar penilaian peserta.  

Ditambah lagi, akan hadir konsep baru dalam kompetisi DSC yang akan membawa warna segar dalam program ini, juga hadirnya aplikasi (Apps) yang merupakan platform forum bisnis yang strategis untuk para wirausaha muda Indonesia. Selain juga memuat berbagai informasi kompetisi DSC.
 
DSC selalu mengangkat tema berbeda setiap tahun dan pada 2018 ini, DSC mengangkat tema #SUKSESMU sebagai landasan bagi para peserta atau challenger DSC bahwa kesuksesan yang diraih, seharusnya juga dapat memberi manfaat kepada orang banyak atau masyarakat.

“Kompetisi wirausaha DSC selain bertujuan menumbuhkan wirausaha muda Indonesia, juga bertujuan memberikan dampak yang luas kepada masyarakat. Di tahun ini, DSC akan memperbanyak pemenang agar kesuksesan dari virus wirausaha ini tersebar,” kata Surjanto Yasaputera, yang akrab dipanggil Pak Sur itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya