Jadi Inspektur Upacara, Mendag:Masyarakat Pulau Maratua Jaga Persatuan

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita menjadi Inspektur Upacara HUT RI ke-73
Sumber :

VIVA – Persatuan dan kesatuan masyarakat di Pulau Maratua, Kalimantan Timur terlihat jelas saat memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-73. Momen ini disaksikan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita yang melakukan kunjungan kerja ke salah satu pulau terluar Indonesia, Pulau Maratua, di Kalimantan Timur hari ini, Jumat (17/8). Dalam kunjungan kerja tersebut, Mendag sekaligus menjadi Inspektur Upacara pengibaran dan penurunan bendera merah putih.

Klarifikasi Menteri Perdagangan soal Pelarangan Minyak Curah

"Saya bersyukur bisa hadir memperingati detik-detik Proklamasi di salah satu pulau terdepan di Indonesia, yaitu Pulau Maratua. Persatuan adalah hal yang sangat penting bagi masyarakat yang  berada di pulau terdepan yang berbatasan dengan negara lain. Dengan persatuan, maka Merah Putih akan terus berkibar di tanah air tercinta ini," kata Mendag. 

Persatuan dan kesatuan juga ditunjukkan warga saat menghadapi kendala pada upacara pengibaran bendera. Seluruh lapisan masyarakat, mulai dari TNI, Polri, bahkan pelajar sekolah menengah pertama bersatu padu agar merah putih tetap mengangkasa. "Kendala yang dihadapi saat mengibarkan merah putih memberikan hikmah yang sangat dalam bagi kita semua. Dalam kondisi apapun, kita wajib mempertahankan merah putih untuk terus berkibar di bumi nusantara," tegas Mendag.

Mendag Nilai Sinergi Offline Online Bikin Jualan Lebih Untung

Menurut Mendag, semangat masyarakat yang sangat besar juga terlihat dari meriahnya bendera merah putih yang dipasang di setiap penjuru. "Merah putih ada di dada setiap masyarakat yang mencintai tanah air," tegas Mendag.

Usai upacara, Mendag juga menegaskan bahwa potensi pariwisata di Pulau Maratua sangat besar. "Pariwisata menjadi salah satu sektor unggulan di Pulau Maratua yang masih bisa terus dikembangkan," imbuhnya.

Balas Uni Eropa, Mendag Ajak Importir Cari Produk Susu di Negara Lain

Acara peringatan HUT RI tersebut dihadiri oleh Kepala Polres Berau Pramuja Sigit Wahono, Wakil Bupati Berau, anggota TNI dan Polri, Pejabat Pemerintah Daerah, pegawai negeri sipil, hingga anak-anak sekolah mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama, hingga sekolah menengahatas.

Acara juga dimeriahkan dengan pertunjukan tari-tarian daerah dan berbagai lomba yang diikuti oleh masyarakat luas.

Mendag mengapresiasi Pemerintah Daerah, TNI, Polri, para petugas upacara, serta masyarakat yang bersinergi sehingga perayaan Hari Kemerdekaan RI bisa berjalan dengan baik, aman, dan meriah.

"Ke depannya, diharapkan setiap daerah, terutama yang terletak di titik terdepan Indonesia, bersama seluruh pihak terkait, dapat terus menjaga persatuan dan kesatuan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," pungkas Mendag.

Sore harinya, Mendag kembali menjadi Inspektur pada upacara penurunan bendera. Upacara tersebut juga berjalan dengan baik dan lancar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya