Bos Crown Sebut Peningkatan Kualitas SDM Kunci Dongkrak Daya Saing RI

Bos Crown Grup Iwan Sunito.
Sumber :
  • Dokumentasi Crown.

VIVA – Peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) di Indonesia dinilai penting untuk dilakukan saat ini. Sehingga, daya saing bangsa bisa terkerek di dunia internasional 

Dukung UMKM Indonesia, BRI Gelar Pesta Rakyat Simpedes

Pendiri dan CEO Crown Group, Iwan Sunito mengungkapkan, peningkatan kualitas SDM menjadi perhatian di banyak negara di dunia. Sebab, menjadi salah satu kunci sukses suatu negara menjadi maju. 

Iwan yang juga pemilik kerajaan bisnis di Australia ini menjelaskan, pemerintah negeri kangguru tersebut dan para pelaku usaha disana bahu-membahu bersinergi dalam membangun kualitas SDM. 

Dirut BRI Ungkap 2 Faktor yang Bisa Selamatkan Indonesia dari Resesi di 2023

"Setiap perusahaan punya anggaran khusus untuk melatih SDM. Investasi SDM sangat diperhatikan," kata Iwan dikutip dari keterangan resminya, Rabu 29 Agustus 2018. 

Hal itu, menurutnya, bisa bisa ditiru oleh pemerintah RI. Bersinergi dengan industri telah untuk memberikan pelatihan vokasi. 

Sri Mulyani Ingatkan Risiko yang Intai Ekonomi Global, RI Siapkan Ini

"Saya yakin, indonesia menuju ke arah sana. Tetapi, pelatihan juga harus dibuat secara sistematis dan tidak difokuskan kepada satu bidang," katanya. 

Dia menambahkan, selain pelatihan praktik, peningkatan kualitas SDM juga bisa dilakukan dengan rutin menggelar seminar-seminar motivasi. Karena itu, Iwan yang baru saja mendapatkan penghargaan 2018 Southern Courier’s Top 20 Most Influential Person di Australia, bersedia menjadi pembicara dalam acara seminar bertajuk Without Borders beberapa waktu lalu. 

Iwan mengaku akan membagi kisahnya dalam membangun bisnis Crown Group di Australia. Selain itu, ia mencoba mendorong para pemuda untuk berani berwirausaha.  

“Masa depan bangsa ini berada di pundak generasi muda. Kami semua sangat ingin mendidik para pemuda melalui forum ini," kata dia. 

Sementara itu, Ketua Pelaksana Seminar dan salah satu pengurus Yayasan Gilgal Suhardjo Cang menjelaskan, berkomitmen membantu pemerintah dalam memberikan berbagai pelatihan kepada usaha kecil dan mikro (UKM), donor darah, bantuan sosial, bantuan pendidikan, hingga seminar. 

Sehingga, diharapkan upaya meningkatkan daya saing bangsa dapat terwujud. Khususnya, karena SDM yang dimiliki Indonesia berkualitas dan aktif di dunia internasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya