Perang Dagang AS-China Memanas, Jack Ma Batalkan Janjinya ke Trump

Jack Ma.
Sumber :
  • www.alizila.com

VIVA – Bos ritel e-Commerce raksasa asal China Alibaba, Jak Ma mengumumkan pembatalan janjinya ke Presiden Donald Trump untuk menciptakan satu juta pekerjaan baru di Amerika Serikat. Sikap itu merespons memburuknya hubungan dangan AS-China saat ini. 

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Dilansir dari CNBC, Kamis 20 September 2018, Ma mengucapkan janjinya tersebut dalam pertemuannya dengan Trump Januari 2017. Atau sebelum Trump dilantik sebagai Presiden AS. 

"Janji itu dibuat atas dasar kemitraan yang ramah AS-China dan hubungan perdagangan yang rasional. Janji itu sudah tidak ada lagi hari ini. Jadi janji kita tak bisa dipenuhi,” tegasnya. 

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

Meski demikian, Ma yang baru mengumumkan pengunduran dirinya sebagai pimpinan Alibaba mengatakan, tidak akan berhenti berkontribusi pada perkembangan perdagangan China-AS yang sehat dan rasional. Sehingga diharapkan hubungan dagang kedua negara dapat kembali pulih. 

Pada konferensi investor Alibaba Selasa lalu, Ma berpendapat, friksi perdagangan antara kedua negara merupakan kekacauan yang bisa berdampak selama beberapa dekade ke depan. Hal itu harus diwaspadai berbagai pihak. 
 

RI Coba Manfaatkan RCEP Tarik Investasi ke Pasar Modal
Mantan Presiden AS Donald Trump

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Mantan Presiden AS Donald Trump dan dua anaknya dipanggil pengadilan karena diduga memperoleh keringanan pajak dan pinjaman melalui penilaian aset yang curang

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022