Ekonomi Syariah Obat Ampuh Hadapi Gejolak Global

Rosan Roeslani.
Sumber :
  • M Yudha Prastya.

VIVA – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Indonesia, Rosan P Roeslani, optimistis, penyelenggaraan sidang tahunan The Islamic Chamber of Commerce Industry and Agriculture atau ICCIA yang digelar hari ini, akan meningkatkan ekspor RI ke negara-negara Organisasi Kerja Sama Islam atau OKI hingga 10 persen.

OJK Sebut Keuangan Syariah Belum Optimal Dukung Industri Halal RI

"Atau dua kali lipat dari tahun ini yang baru mencapai lima persen dengan total nilai ekspor mencapai US$23 miliar ke negara-negara OKI," kata Rosan di Jakarta, Selasa 23 Oktober 2018.

Sidang Tahunan ICCIA yang berkonsep business to business (B2B) antara pengusaha Indonesia dan dari negara-negara OKI tahun ini, akan membahas soal pembangunan infrastruktur di Indonesia, perdagangan halal, serta ekonomi digital.

BI Proyeksikan Ekonomi Syariah RI 2024 Tumbuh 4,7-5,5 Persen 

Rosan pun menilai, acara ini akan menjadi era baru dalam membangun hubungan ekonomi dan bisnis yang lebih kuat dan lebih erat. Khususnya antara negara-negara anggota ICCIA

Sebab, lanjut Rosan, perkembangan hubungan ekonomi yang dibangun saat ini masih belum mencerminkan potensi riil yang ada. Karena masih banyak peluang bisnis yang belum dimanfaatkan secara optimal.

Erick Thohir Puji Gibran Singgung SGIE di Debat Cawapres: Bukan Topik Sembarangan

"Inklusi keuangan Islam akan menjadi instrumen yang efektif untuk mengurangi kemiskinan dan mengatasi ketidaksetaraan. Indonesia melihat manfaat penerapan sistem inklusif dan ekonomi syariah menjadi paradigma baru dalam resolusi ketidakpastian ekonomi global yang masih terbuka lebar," ujarnya.

Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia (BI), Rifki Ismal, dalam diskusi 'Indonesia Waqf Outlook 2024' yang digelar Taha Institute di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, 1 Maret 2024.

Potensi Wakaf RI Tembus Rp 180 Triliun, Begini Caranya Bisa Bantu Genjot Ekonomi Berkelanjutan

Kementerian Agama mencatat bahwa sebagai negara dengan populasi muslim terbesar didunia, potensi wakaf di Indonesia sangat besar.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024