Jadi Isu Hangat Setelah Dilontarkan Gibran Saat Debat, Apa itu SGIE?

Ekonomi Syariah memiliki potensi yang besar
Sumber :
  • vstory

Jakarta – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka melontarkan pertanyaan menyoal SGIE kepada cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dalam debat kedua Pilpres 2024.

Sebut Sahabat Lama, Prabowo Unggah Foto Ketemu Surya Paloh Deklarasi Nasdem Bergabung

Menanggapi Gibran, Cak Imin menjawab bahwa dirinya tak memahami apa itu SGIE. Ia mengaku tak pernah mendengar soal SGIE sebelumnya. Lantas apa itu SGIE yang ditanyakan Gibran kepada Cak Imin?

Gibran Rakabuming Raka Debat Cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Erick Thohir : Satu Game Lagi Sudah Kunci ke Olimpiade, Kalau Dua Game Kita Juaranya

SGIE

SGIE merupakan singkatan dari State of the Global Islamic Economy (SGIE). SGIE sendiri adalah report atau laporan yang diluncurkan Dinar Standard di Dubai, Uni Emirate Arab yang mencakup sektor keuangan syariah, makanan dan minuman halal, kosmetik halal, farmasi halal, perjalanan ramah untuk Muslim, serta media dan rekreasi bertema Islami.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Laporan ini didukung oleh Departemen Ekonomi dan Pariwisata (DET) di Dubai, membahas perkembangan serta tantangan dan peluang negara untuk sektor-sektor tersebut.

Pada 2022, Indonesia diketahui mempertahankan posisinya pada The Global Islamic Economy Indicator dalam SGIE Report 2022. Indonesia menduduki peringkat keempat dalam hal pengembangan ekosistem ekonomi syariah yang kuat dan sehat. Tiga peringkat di atas Indonesia adalah Malaysia, Arab Saudi, dan Uni Emirate Arab

Hal ini selaras dengan penjelasan Eric Thohir yang merupakan ketua masyarakat Ekonomi Syariah menjelaskan dalam akun Instagram pribadinya:

“Dan saya sebagai Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah, punya beberapa pemikiran untuk dibagi. Apresiasi untuk mas Gibran yang sudah mengangkat isu SGIE. Ini bukan topik sembarangan, ekonomi dan keuangan syariah itu krusial, terutama bagi kita di Indonesia. Saya mengapresiasi para pemimpin, utamanya pemimpin muda yang punya komitmen pada ekonomi syariah,” ujar Erick, dikutip Minggu, 24 Desember 2023.

“Mungkin banyak yang tidak tahu, tapi kita berada di posisi ke-4 dalam sektor ekonomi syariah, di bawah Malaysia, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab. Tapi Indonesia memiliki potensi yang sangat besar menjadi nomor satu di SGIE karena secara statistik Indonesia merupakan negara dengan populasi Muslim terbanyak di dunia,” sambung Menteri BUMN ini.

Ketua INASGOC, Erick Tohir.

Photo :
  • Bayu Nugraha

Di akhir Video, Eric Thohir menyisipkan harapan agar para pemimpin memahami SGIE yang merupakan salah satu topangan untuk kemajuan ekonomi:

“Harapannya semoga calon pemimpin kita, bisa benar-benar memahami SGIE dan seberapa penting sektor ini untuk Indonesia, karena ini dapat menjadi satu topangan baru untuk kemajuan ekonomi yang adil, cepat dan stabil. Dan semoga kita bisa mencontoh komitmen dan semangat mas Gibran demi kesuksesan ekonomi syariah Indonesia.,” pungkasnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya