Erick Thohir Puji Gibran Singgung SGIE di Debat Cawapres: Bukan Topik Sembarangan

Menteri BUMN, Erick Thohir.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Erick Thohir memuji penampilan Gibran Rakabuming Raka saat debat cawapres  karena sempat membahas isu State of Global Islamic Economy atau SGIE dalam debat cawapres pada Jumat lalu.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

Erick menyebut, meski istilah SGIE belum begitu polpuler, tapi menurutnya itu bukanlah topik sembarangan. Menteri BUMN itu menekankan, Indonesia saat ini menduduki posisi keempat dalam sektor ekonomi syariah. 

"Indonesia berada di bawah Malaysia, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab. Namun, Indonesia punya potensi besar menjadi nomor satu," kata Erick melalui Instagram pribadinya @erickthohir, dikutip Senin, 25 Desember 2023. 

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Ikut Lanjutkan? 

Gibran Rakabuming Raka Debat Cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Erick menjelaskan, secara statistik Indonesia menempati negara pertama dengan populasi muslim terbesar di dunia. Karena itu, Indoensia sangat berpotensi peringkat pertama di SGIE.

Terpopuler: Indonesia U-23 Fenomenal, Ernando Ari Kepikiran Arkhan Fikri

Erick berharap, ke depan calon pemimpin Indonesia bisa benar-benar memahami SGIE dan seberapa penting sektor ekonomi dan keuangan syariah bagi Indonesia.

"Karena ini bisa menjadi satu topangan baru untuk kemajuan ekonomi yang adil, cepat, dan stabil. Semoga kita bisa mencontoh komitmen dan semangat Mas Gibran demi kesuksesan ekonomi syariah Indonesia," imbuh Erick yang juga Ketum PSSI. 

Klaim Gibran Satu-satunya Pelaku Ekonomi Syariah

Sementara itu, Dewan Pakar Ekonomi Syariah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rezza Arief Budi Artha, mengklaim calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka adalah satu-satunya pelaku ekonomi syariah atau industri halal dari enam individu peserta Pilpres 2024.

Menurut Rezza, hal itu terlihat lewat kebijakan yang dijalankan Gibran selaku Wali Kota Surakarta dengan mengembangkan Kampung Batik Kauman menjadi destinasi wisata kuliner halal.

"Jadi, Mas Gibran itu nggak cuma ide atau konsep, tapi sudah punya aksi di bidang ekonomi syariah," kata Rezza saat diskusi ekonomi syariah bertajuk "Kasih Paham SGIE, Ga Bahaya Tah" di Fanta HQ, Jakarta.

Keberpihakan terhadap ekonomi syariah juga dituangkan Gibran bersama calon presiden Prabowo Subianto melalui Asta Cita nomor 2.

Di dalam Asta Cita nomor 2 tertuang visi misi untuk memantapkan sistem pertahanan keamanan negara dan mendorong kemandirian bangsa melalui swasembada pangan, energi, air, ekonomi kreatif, ekonomi hijau, dan ekonomi biru.

"Saya sudah pelajari di paslon lain tidak ada. Jadi di Prabowo-Gibran, kita melihat ada perhatian khusus terhadap ekonomi syariah," kata Rezza.

Oleh karenanya, ia menegaskan, Prabowo-Gibran memiliki komitmen yang sangat kuat terhadap ekonomi syariah. Terlebih soal ekonomi syariah sudah diangkat saat debat cawapres pada Jumat, 22 Desember 2023 lalu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya