Ketemu Jokowi, Pedagang Nasi Uduk Ini Minta Tambahan Modal

Dialog Jokowi dengan tukang nasi uduk.
Sumber :
  • Agus Rahmat/VIVA

VIVA – Presiden Joko Widodo, meninjau wilayah kerja Permodalan Nasional Madani (PNM) di wilayah Kelurahan Kalianyar, Kecamatan Tambora Jakarta Barat, Rabu 9 Januari 2019. Turut mendampingi Gubernur DKI Anies Baswedan. 

4 Ide Bisnis dengan Modal Terbatas dengan Untung Besar

Sebelum meninjau Mekaar Binaan PNM, Jokowi menyempatkan berdialog dengan seorang pedagang nasi uduk, yang mendapat modal usaha dari PNM tersebut. Namanya Ibu Sutinah.

Jokowi yang didampingi Anies, berdialog dengan Sutinah terkait dana itu. Yakni modal usaha sebesar Rp2 juta. Sutinah, bahkan tidak segan-segan untuk meminta tambahan modal. 

Bangun Bisnis Tanpa Modal, Jemput Berkah Ramadhan

"Pertanyaan saya bu, Rp2 juta dapat apa dulu. Urusan tambah nanti gampang," kata Jokowi. 

Sutinah mengaku, uang itu ia gunakan untuk berbelanja barang. Namun, masih ada warga yang berhutang usai makan nasi uduknya. 

6 Peluang Bisnis Modal Kecil bagi Mahasiswa

"Misalnya belanja Rp500 ribu. Tapi yang beli pada ngutang. Jadi saya nombok 2-3 kalinya. Mereka bayarnya mingguan. Jadi duitnya muter di situ," kata Sutinah. 

Jokowi sendiri menanyakan, apakah bisa menyicil selama 25 bulan. Ia mengaku, bisa menyicil seperti yang ditetapkan tersebut. 

Namun menurut Jokowi, modal itu harusnya bisa menambah jenis usaha dari Sutinah. "Mestinya kalau Rp2 juta mejanya bukan satu dong Bisa lima," kata Jokowi. (ben)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya