Anak Usaha Bumi Minerals Raih Izin Operasi Tambang di Gorontalo

Kegiatan penambangan Bumi Resources Minerals, anak usaha Bumi Resources.
Sumber :
  • Bumi Resources Minerals

VIVA – PT Gorontalo Minerals (GM), anak usaha PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS), memperoleh Izin Kegiatan Operasi Produksi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Izin tersebut menjadi dasar bagi GM untuk mengembangkan dan mengoperasikan tambang tembaga dan emas yang dimiliki perusahaan di Provinsi Gorontalo.

Anak Usaha Bumi Resources Bangun TPST Eco Waste di Sangatta

"Ini merupakan pencapaian yang positif oleh BRMS," kata Direktur dan Chief Operating Officer (COO) BRMS, Suseno Kramadibrata, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA, Selasa 5 Maret 2019. 

Izin tersebut memberikan jangka waktu konstruksi selama tiga tahun dan setelah masa konstruksi tersebut selesai, jangka waktu operasi produksi selama 30 tahun hingga 31 Desember 2052.

Bumi Resources Minerals Godok Skema Pelunasan Utang ke Antam

Awalnya, Suseno menambahkan, GM diharapkan dapat memulai produksinya pada semester kedua 2021 dengan rata-rata volume sebanyak 1 juta ton bijih per tahun. "Namun, kami tengah mengkaji kemungkinan untuk memulai produksi lebih awal dari sebagian cadangan yang ada melalui prosedur heap leaching,” ujarnya.

GM dimiliki 80 persen oleh Bumi Resources Minerals dan 20 persen sisanya oleh PT Aneka Tambang Tbk (ANTM). Saat ini, GM mengoperasikan konsesi tambang berdasarkan Kontrak Karya atas lahan seluas 24.995 hektare di Kabupaten Bone Bolango yang merupakan bagian dari Provinsi Gorontalo, di Sulawesi.

BRMS Raih Peringkat A Laporan Keberlanjutan Terbaik

Lokasi-lokasi tambang yang saat ini dioperasikan oleh GM terletak di area Sungai Mak, Cabang Kiri, Motomboto North, Motomboto East, dan Kayu Bulan, dengan estimasi sumber daya sebanyak 400 juta ton bijih dengan kadar 0,48 persen Cu dan 0,43 g/t Au. Sementara itu, estimasi cadangan pada Sungai Mak sebanyak 105 juta ton bijih dengan kadar 0,7 persen Cu dan 0,33 g/t Au.

PT Bumi Resources Minerals Tbk (ilustrasi)

Bumi Resources Minerals Ubah Susunan Direksi, Berikut Namanya

Bumi Resources Minerals pada hari ini melakukan RUPSLB dan telah sepakat menggati dewan direksi dan komisaris baru.

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2022