Menko Darmin Panggil Menteri BUMN Hingga Garuda Bahas Tiket Pesawat

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution membenarkan bahwa dia bakal turut serta dalam mengambil langkah-langkah penanganan tarif tiket pesawat yang dianggap masih mahal atau sulit dijangkau masyarakat.

Bos Lion Air Jawab Teguran KPPU soal Harga Tiket Pesawat Mahal saat Lebaran

Untuk memulai langkah tersebut, dia mengaku bakal memanggil pemangku kepentingan di sektor tersebut, khususnya Menteri Perhubungan, Menteri Badan Usaha Milik Negara, hingga pejabat maskapai Garuda Indonesia, pekan depan.

"Ya, kita akan bahas. Kita rapat saja dengan (Menteri) Perhubungan, Garuda, menteri BUMN, ya awal minggu depan lah," kata dia di kantornya, Jakarta, Kamis 25 April 2019.

Mendagri Minta Maskapai Tak Aji Mumpung Patok Tarif Pesawat Jelang Lebaran 

Meski begitu, dia memastikan, pemanggilan tersebut bukan untuk mengintervensi harga. Melainakan, untuk memastikan batasan yang tepat supaya harga tersebut bisa terjangkau oleh masyarakat tanpa membebankan keuangan maskapai.

"Enggak lah, kita lihat saja lah batas atasnya sebenarnya yang betul berapa, kemudian masing-masing yang harus comply," tegas dia.

Bos Lion Group Curhat ke Menteri Jokowi Sering Diminta Tekan Harga Tiket Pesawat

Sebelumnya, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengaku telah meminta Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara, untuk turut serta mengatur harga tiket pesawat supaya kembali terjangkau masyarakat.

Sebab, dia menilai, harga tiket pesawat hingga saat ini masih mahal. Sehingga, diperkirakan semakin tinggi bila tidak kembali kondusif sebelum mudik Lebaran yang diperkirakan bakal mencapai puncaknya pada 31 Mei 2019. (asp)

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin, 1 April 2024.

Menhub Ingatkan soal Harga Tiket Pesawat, Ini Penjelasan Dirut Garuda

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memperingatkan para maskapai penerbangan untuk mengikuti regulasi yang berlaku, terkait harga tiket pesawat. Dirut Garuda bersuara.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024