Intip Kesiapan Dua Gerbang Tol Pengganti Cikarang Utama 

Finishing proyek gerbang tol Cikampek Utama.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA – PT Jasa Marga Tbk, memastikan upaya pemindahan Gerbang Tol Cikarang Utama di tol Jakarta-Cikampek berjalan lancar. Kedua gerbang tol pengganti itu adalah GT Cikampek Utama di Km 70 dan GT Kalihurip Utama di Km 66, dipastikan siap beroperasi pada 23 Mei 2019. 

347.711 Kendaraan Keluar Jakarta Pada Libur Isra Miraj

General Manager Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, Raddy R. Lukman mengatakan, pihaknya yakin kedua GT ini mampu mengantisipasi lonjakan pemudik pada Lebaran 2019 ini. Meskipun perkiraan lonjakan penumpang jalan tol akan terjadi, karena tersambungnya tol Trans Jawa dari Merak-Surabaya. 

Selain itu, lonjakan penumpang juga diprediksi, karena adanya perpindahan moda mudik dari pesawat menjadi moda darat alias jalan tol. 

Cegah Omicron, Ganjil Genap Diterapkan di 5 Gerbang Tol di Bandung

"Pada 23 Mei akan kita operasikan, atau Kamis jam 00.00 WIB. Ada 14 gardu yang kita operasikan di Cikampek Utama ini, di main road-nya saja," kata Raddy, saat meninjau progres pembangunan Gerbang Tol Cikampek Utama, Senin 20 Mei 2019.

Persiapan pembangunan gerbang Tol Kalihurip Utama.

Tahun 2022 Bayar Tol Gak Perlu Injak Rem, Lalu Gimana Bayarnya?

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasa Marga Toll Road Maintenance, Rudi Hardiansyah menjelaskan, secara total progres pembangunan GT Cikampek Utama sudah 82 persen. Sedangkan GT Kalihurip Utama, sudah mencapai 83 persen. 

"H-10 Lebaran siap fungsi untuk semua gerbang tol ini," kata dia. 

Menurutnya, kapasitas GT Cikampek Utama maupun GT Kalihurip Utama lebih dari memadai untuk menampung kendaraan saat arus mudik. Setidaknya, kedua GT ini menyiapkan total 30 gardu beserta gardu satelit. 

"Insya Allah, tanggal 23, hari Kamis siap. Sekarang pun, sebetulnya sudah siap cuma finishing. Kami mengejar penyelesaian untuk satelit, agar pada saat arus balik dan mudik semua bisa difungsikan," kata dia. 

Pantauan VIVA, pembangunan gerbang dan gardu di kedua gerbang tol tersebut memang sudah hampir selesai. Namun, untuk kantor bagi pekerja, atau petugas operator Jasa Marga masih dalam bentuk kantor darurat. 

"Ini belum permanen, nanti kantornya akan dibangun dua lantai di GT Kalihurip dan di GT Cikampek Utama dibangun tiga lantai," tambah General Manager Jasa Marga Cabang Purbaleunyi, Dwi Winarsa di GT Kalihurip Utama. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya