Jokowi Bakal Hadiri Puncak Hari Koperasi Nasional 2019 di Purwokerto 

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Rully Indrawan (tengah)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA – Presiden Joko Widodo akan hadir dalam pada puncak peringatan Hari Koperasi Nasional pada 12 Juli 2019 yang akan digelar di GOR Satria, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. 

Kementan Dorong Pembentukan Koperasi Guna Bantu Petani Banyuasin Kembangkan Usaha

Harkopnas kali ini, mengangkat tema Reformasi Total Koperasi di Era 4.0 yang diperkirakan akan dihadiri oleh sekitar 20 ribu masyarakat koperasi dan stakeholder koperasi dari seluruh Indonesia. 

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Rully Indrawan mengatakan, gerakan Harkopnas ini merupakan gerakan bersama melaksanakan amanat konstitusi. Dalam rangkaian acara ini juga dilakukan renungan suci dan ziarah ke makam Bung Hatta yang merupakan Bapak Koperasi Indonesia.

Dorong Ekspor UMKM, Bea Cukai Jalin Kolaborasi dengan Pemerintah Daerah

"Ini momentum bagi setiap masyarakat menjalankan amanat konstitusi para pendiri bangsa," kata Rully di kantor Kemenkop UKM, Jakarta, Senin 24 Juni 2019. 

Ketua Steering Commite Harkopnas 2019 yang juga Sekjen Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Mohammad Sukri mengatakan, materi yang akan disiapkan pada pelaksanaan Harkopnas 2019 ini adalah soal pergeseran paradigma untuk modernisasi koperasi. 

Presiden KSPSI Harap Kemandirian Organisasi Buruh Terbangun Lewat Koperasi

"Sesuai arahan pak menteri atau pemerintah, bahwa koperasi harus bergeser dari kaum old ke kaum milenial. Kedua, mengenai hal konvensional, kita harus berbenah dengan berbagai teknologi terbaru," katanya. 

Peringatan Harkopnas kali ini disebut agak berbeda. Untuk pertama kalinya, puncak peringatan Harkopnas digelar di Ibu Kota Kabupaten Banyumas Jawa Tengah, yaitu Kota Purwokerto. Selama ini, puncak Harkopnas selalu dilaksanakan di Ibu Kota Provinsi. 

Kegiatan atau rangkaian peringatan Harkopnas 2019 ini sudah berlangsung sejak Maret dan diperkirakan akan berlangsung hingga Oktober. Perayaan puncak Harkopnas 2019 disebut akan sangat kental dengan warna generasi milenial serta bernuansa budaya dan kearifan lokal.

"Kami selalu berupaya agar ini menjadi wadah konsolidasi segenap stakeholder gerakan koperasi nasional. Harkopnas merupakan momentum tahunan untuk mempromosikan koperasi sebagai sistem ekonomi berkeadilan," kata Ketua Orginizing Commite Harkopnas 2019, Pahlevi Pangerang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya