Bahas Nasib Dunia, KTT G20 di Osaka Resmi Dibuka

KTT G20, Osaka Jepang 2019.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Para pemimpin negara anggota Group of 20 atau G20 membuka pertemuan tingkat tinggi di Osaka, Jepang, hari ini. Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe membuka pertemuan yang diharapkan akan membahas berbagai masalah perdagangan, ketegangan geopolitik hingga perubahan iklim.

RI Coba Manfaatkan RCEP Tarik Investasi ke Pasar Modal

Suasana bersahabat tampak terlihat di menit-menit pembukaan. Senyum nampak di wajah para pemimpin negara yang tiba, sesaat sebelum berpose untuk foto bersama. 

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan Presiden China, Xi Jinping, yang negaranya terlibat dalam perang dagang, saling berjabat tangan saat berfoto.

Kemenhub Siap Lancarkan Transportasi KTT G20 di Bali

Sesi pertemuan pertama akan difokuskan pada ekonomi digital, di mana beberapa hal yang akan dibahas seperti masalah privasi dan keamanan.

"Digitalisasi telah dengan cepat mengubah berbagai aspek masyarakat dan ekonomi kita. Saya senang melihat momentum untuk mengatasi ekonomi digital secara global," kata Abe, saat membuka sesi, seperti diberitakan Channel News Asia, Jumat 28 Juni 2019.

Strategi RI Hadapi Perang Dagang di Tengah Pandemi COVID-19

Namun, sebagai bagian dari ketegangan yang sedang berlangsung, Trump kemungkinan akan mendominasi pembicaraan soal kekhawatiran AS, tentang ancaman keamanan yang ditimbulkan oleh perusahaan telekomunikasi China, Huawei.

Pertemuan Tingkat Tinggi G20, diperkirakan dibayangi oleh perang dagang antara dua negara ekonomi utama dunia, dengan harapan bahwa Xi dan Trump dapat mencapai 'gencatan senjata', ketika mengadakan pembicaraan bilateral di sela-sela pertemuan esok hari. (asp)

 Bukit Pramuka di Labuan Bajo, Manggarai NTT.

Investasi Rp1 Triliun, Bukit Pramuka Jadi Destinasi Cantik Labuan Bajo

Labuan bajo terus bersolek dengan menampilkan sejumlah destinasi wisata baru untuk menyambut side event KTT G20 dan ASEAN Summit 2023.

img_title
VIVA.co.id
6 Januari 2022