Wapres JK Dorong Wanita Muslim Jadi Pengusaha

Wapres Jusuf Kalla syukuran ulang tahun ke-77 di Jenewa, Swiss.
Sumber :
  • Tim Wapres

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla mendorong wanita muslim, untuk menjadi pengusaha. Menurutnya, di balik kesuksesan dirinya, ada ibu dan istrinya yang menopang ekonomi keluarga.

Motivator Ippho Santosa Bangkitkan Semangat Muslimpreneur Kampus Umar Usman

"Secara pribadi, saya bisa berdiri di sini, karena dukungan dua pengusaha wanita muslimah. Ibu saya dan istri saya," kata JK pada kegiatan Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (Ipemi) di Jakarta, Senin 29 Juli 2019.

Menurutnya, ruang bagi kaum wanita untuk menjadi pengusaha saat ini lebih luas, karena didorong tingkat pendidikan dan teknologi. Tidak seperti kaum wanita di zaman dahulu, yang hanya mempunyai waktu terbatas untuk menjaga keluarga.

Program Pinky Movement Pertamina Klaim Perbanyak UMKM Wanita

"Kalau ibu saya atau ibu ibu zaman dulu membutuhkan waktu enam jam di rumah untuk mengurus rumah tangga. Mencuci, memasak, pergi belanja, urus suami, dan sebagainya. Sekarang, karena teknologi, mencuci tinggal buang aja ke mesin cuci, selesai. Tunggu sore sudah (selesai). Masak banyak rice cooker, kalau lagi ingin yang lain, tinggal telepon aja," paparnya.

JK berharap, kaum wanita bisa memanfaatkan teknologi dan waktu yang luang tersebut untuk membangun wirausaha. Sehingga, menjadi produktif membantu ekonomi keluarga.

Deretan Pengusaha Wanita dengan Pengaruh Besar di Asia

"Karena waktu banyak itu, supa,ya tidak habis hanya untuk bergosip maka yang lebih produktif adalah menjadi pengusaha," teganya.

Atas dasar itu, JK berharap, Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (Ipemi) mampu memfasilitasi para wanita muslim menjadi pengusaha. Karena hingga saat ini, pengusaha wanita muslim masih sedikit, padahal peluangnya besar.,

Sebelumnya, Ketua Umum Ipemi, Ingrid Kansil mengatakan, Rakernas ke-IV tersebut diselenggarakan untuk memberikan pelatihan, serta bertukar pikiran antara kaum wanita muslim yang telah dan akan menjadi pengusaha dalam mengelola bisnis.

Melalui rakernas ini, kata dia, Ipemi diharapkan dapat meningkatkan peran dan strategi dalam membantu pengembangan usaha dalam pembangunan nasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya