Dianggap Ketinggalan Zaman, Ratusan Pelabuhan Akan Dibuat Canggih

Pemudik yang balik ke Jakarta via Pelabuhan Merak
Pemudik yang balik ke Jakarta via Pelabuhan Merak
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yandi Deslatama

VIVA – Kementerian Perhubungan berencana mengoptimalkan pelabuhan di sejumlah daerah, agar bisa memajukan potensi maritim Indonesia. Pengelolaannya bakal memakai sistem berbasis teknologi digital, sesuai standar revolusi industri 4.0.

Hal itu diungkapkan Wakil Presiden terpilih, KH Ma’ruf Amin, saat menghadiri konferensi kemaritiman yang merupakan rangkaian dari Dies Natalis Institut Pertanian Bogor.

"Untuk mengoptimalkan potensi maritim Indonesia, gagasan dan ide-ide besar harus direalisasikan," tutur Ma'ruf di Jakarta, Kamis 26 September 2019.

Ma’ruf menjelaskan, Indonesia berpotensi menjadi poros maritim dunia. Itu sebabnya, dibutuhkan teknologi dan ide baru, yang didapat dari kerja sama perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub, R Agus Purnomo mengatakan, pemerintah telah membangun 635 fasilitas pelabuhan yang tersebar di seluruh daerah. Untuk memberi pelayanan yang murah, cepat dan transparan, kuncinya ada di digitalisasi.

"Yang akan dilakukan ke depannya, yakni mengoptimalisasi pelabuhan-pelabuhan tersebut," ujar dia.

"Indeks logistik Indonesia berada di urutan ke-46, di bawah Vietnam. Ini menjadi tantangan bagi kita untuk memperbaiki infrastruktur pelabuhan dan mendorong pemanfaatannya, supaya banyak kapal yang memakai jasa tersebut," kata Rektor IPB, Arif Satria menambahkan.