Rakyat Teriak Tagihan PLN Naik Pesat, Istana: Pemakaian Listrik Tinggi

Ilustrasi petugas PLN periksa kabel listrik.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rahmad

VIVA – Pemerintah melalui Istana Kepresidenan menegaskan bahwa tidak ada kenaikan tarif listrik seperti yang dikeluhkan berbagai kalangan belakangan ini.

Stafsus Presiden Angkie Yudistia: Jangan Lupa Pilih Pak Ganjar

Menurut Juru Bicara Presiden Bidang Sosial, Angkie Yudistia, kenaikan tarif listrik yang dialami itu disebabkan oleh konsumsi yang jauh lebih banyak saat kita lebih sering beraktivitas di rumah.

"Masa pandemi yang mendorong diberlakukannya kebijakan PSBB menjadikan kegiatan kita lebih intens di rumah dan mengakibatkan penggunaan listrik yang juga turut mengalami peningkatan," kata Angkie, 9 Juni 2020.

Viral Telat Bayar 4 Hari Listrik Rumah Warga Diputus, Ini Kata PLN

Angkie menuturkan, secara teknis, PLN juga telah menjelaskan faktor yang menyebabkan tarif listrik menjadi tinggi selama PSBB. Salah satunya adalah terdapat sistem angsuran carry over selama tiga bulan untuk menjaga lonjakan tagihan akibat pemakaian yang lebih banyak dibanding sebelum PSBB.

"Untuk memantau penggunaan listrik di rumah serta pengaduan dan keluhan, PLN menyediakan beberapa cara penyampaian oleh warga," kata dia.

Jokowi Targetkan Kajian Penghentian PSBB-PPKM Selesai Pekan Ini

Menurut Angkie, hal yang bisa dilakukan masyarakat jika ada keluhan mengenai tarif bisa disampaikan dengan mengunduh aplikasi PLN Mobile atau memantau melalui tautan pln.co.id, dan pusat kontak PLN 123. Selain itu, PLN juga menyediakan layanan baca meter melalui WhatsApp resmi ke nomor 081-22-123-123

Baca juga: Thailand Lebih Awal Punya Jubir Cantik COVID-19, Dokter Muda Segar


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya