Menkeu Sentil Pengusaha CPO Pengemplang Pajak

VIVAnews - Pengusaha yang gemar mengemplang pajak kena sindir Menteri Keuangan Sr Mulyani. Tak hanya sekali dua kali, dalam setiap kesempatan menjadi pembicara forum bisnis, Menkeu selalu mengingatkan agar pengusaha berbisnis dengan jujur.

Kali ini giliran pengusaha kelapa sawit kena sentil.

"Tolong comply yang baik dari sisi pembukuan. Kami deteksi banyak (kelapa sawit) yang diselundupkan keluar," kata Sri Mulyani di sela-sela acara Feed the World di Jakarta Convention Centre, Kamis, 28 Januari 2010.

Dia menekankan, aparat pajaknya akan melakukan audit atas industri kelapa sawit.

"Bukan dalam rangkan harrasement, tapi saya juga ingin agar Indonesia sebagai produsen terbesar CPO, punya industri hilir yang kuat," kata dia.

Dalam hal ini, Sri Mulyani menghimbau agar pengusaha tidak menyembunyikan fakta ketika aparatnya melakukan audit. Karena, secara fisik, baik itu luas lahan dan investasi di industri hilir, bisa dihitung.

"Ekonomi kita dan ketahanan pangan bisa dicapai jika negara kita efektif, dan itu tergantung birokrasi yang bersih. Ini sedang dan akan saya lakukan," kata dia disambut tepuk tangan.

"Kalau anda bersih, maka negara akan bantu. Karena negara tidak akan peras perusahaan," ujar Sri Mulyani.

5 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia,Tegal Termasuk?
Rupiah melemah terhadap dolar AS.

Rupiah Melemah, Sri Mulyani Beberkan Mata Uang Negara-negara G20 Kondisinya Senasib

Sri Mulyani mengatakan bahwa nasib serupa juga dialami oleh sederetan mata uang dari negara-negara lain, termasuk negara anggota G20.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024