PUPR Harap Pemda Beri Nilai Tambah pada Jembatan-jembatan Nasional

Ilustrasi jembatan unik.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Direktur Pembangunan Jembatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Yudha Handita, mengatakan Pemerintah Daerah perlu menopang keindahan di sekitar bangunan jembatan yang dijadikan ikon daerah.

Siap-siap Tarif Tol Dalam Kota Resmi Naik Besok, Ini Rinciannya

Kementerian PUPR mengadakan pameran dan talkshow Jembatan Ikonik di Auditorium Kementerian PUPR selama lima hari ke depan, mulai tanggal 7 sampai 11 September 2020.

“Berharap ke depan tidak hanya membangun jembatan saja, tapi bangun ujung-ujungnya juga, di sekitar jembatan harus bermanfaat,” kata Yudha di Kementerian PUPR pada Senin 7 September 2020.

Sri Mulyani Ungkap 'Kontraksi Dalam' Belanja Modal Januari 2022

Baca juga: Update Corona Indonesia 7 September: Positif 196.989, Meninggal 8.130

Menurut dia, nilai membangun jembatan sangat mahal sehingga sia-sia apabila tidak diimbangi dengan pembangunan di sekitar jembatan tersebut. Maka, harus diberikan nilai tambah, yang bermanfaat.

Daftar 12 Ruas Jalan Tol Baru yang Diresmikan 2021

“Jembatan bagus, tapi harus diikuti dengan pemanfaatan lain juga,” ujar Yudha.

Misalnya, kata dia, pemerintah daerah perlu membuat suasana yang indah di sekitar jembatan-jembatan yang dibangun pemerintah pusat sehingga menarik wisatawan dan mendongkrak perekonomian. 

“Pemerintah daerah harus dibangun misalnya pemandangan di sekitar jembatan, atau yang bermanfaat,” jelas dia.

Sementara itu, mahasiswa jurusan arsitek Universitas Jayabaya, Aldef, menyarankan kepada pemerintah supaya lebih banyak lagi membangun jembatan-jembatan sebagai penyambung masyarakat daerah antardesa atau antarsungai.

“Semoga lebih banyak lagi membangun jembatan seperti penyambung antar pulau dan antar desa di sungai, bukan hanya untuk teluk. Untuk teluk sendiri lebih ke objek wisata, harusnya lebih efisien untuk penyambung antarwilayah yang terpisah antar sungai,” katanya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya