Vaksin Bikin Kuat Rupiah hingga Sentuh Rp14.020 per Dolar AS

Uang kertas Rupiah dan Dolar AS
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat kembali menguat cukup signifikan pada perdagangan hari ini, Selasa, 10 November 2020. Rupiah mampu bergerak di kisaran Rp14.000 per dolar AS..

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Di pasar spot, hingga pukul 10.00 WIB, rupiah telah ditransaksikan di level Rp14.020 per dolar AS. Menguat hingga 0,32 persen dari level penutupan perdagangan kemarin Rp14.065 per dolar AS.

Sementara itu, kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia mematok nilai tengah rupiah di level Rp14.015. Menguat dari nilai tengah kemarin Rp14.172.

Rupiah Menguat Pagi Ini Terdorong Optimisme Ekonomi RI Bakal Tumbuh di Atas 5 Persen

Baca juga: Jasa Marga Imbau Pengendara Cari Jalan Alternatif, Tol Bandara Macet

Direktur PT. TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi, menjelaskan bahwa pergerakan itu dipengaruhi sentimen positif pelaku pasar keuangan terhadap keberadaan vaksin yang efektif.

Terpopuler: Kebiasaan yang Tidak Boleh Dilakukan di Mekkah sampai Alasan ke BaliSpirit Festival

Pfizer dan BioNTech berencana mengajukan otorisasi penggunaan darurat di AS untuk vaksin bagi orang berusia 16-85 tahun setelah mengumumkan vaksin buatannya 90 persen efektif.

"Rupiah kemungkinan akan dibuka fluktuatif dan menguat 20-150 poin namun ditutup menguat  sebesar 30-150 poin di level Rp13.990-14.150," tuturnya.

Di sisi lain, dia menegaskan pasar masih menyambut baik hasil pemilihan Joe Biden sebagai presiden AS dengan ekspektasi bahwa Gedung Putih yang lebih tenang dan meningkatkan perdagangan.

"Presiden terpilih dan timnya dilaporkan sedang mengerjakan paket bantuan COVID-19 untuk membantu mengatasi pandemi Virus Corona yang mengamuk," ucap Ibrahim. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya