Mulai Operasi, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Gratis Dua Pekan

Gerbang Tol Jatikarya 2, ruas jalan Tol Cimanggis-Cibitung.
Sumber :
  • Dok. Bakrie and Brothers

VIVA – Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1, segmen junction Cimanggis-Jatikarya yang memiliki panjang 2,75 kilometer mulai beroperasi pada Selasa 10 November 2020. Jalan tol baru ini menghubungkan akses jalan dari Cibubur ke Jagorawi yang saat ini sangat padat terutama jam sibuk perkantoran. 

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

Jalan tol Cimanggis-Cibitung dengan gerbang tol Cimanggis 4 dan 5 merupakan akses masuk dan keluar dari Tol Jagorawi ke Tol Cimanggis-Cibitung. 

Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1 yang dibangun dengan kerja sama kepemilikan saham antara PT Waskita Tollroad, PT Bakrie Toll Indonesia, dan PT Bakrie and Brothers dengan total nilai investasi sebesar Rp10,6 triliun, mulai beroperasi berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat nomor 1540/KPTS/M/2020 tanggal 26 Oktober 2020 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Cimanggis-Cibitung seksi 1.

8.725 Pemudik Langgar Ganjil Genap Selama Mudik Lebaran 2024, Dikenai Sanksi Tilang

“Secara total akan ada 23 kilometer dan sekarang kita ada di seksi 1 yang dibuka untuk umum sepanjang 3,2 kilometer. Kita perhatikan melihat dinamika di masyarakatnya," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit, Selasa 10 November 2020.

Danang menambahkan, setelah melalui tahapan sosialisasi dan tidak memiliki kendala yang berarti, masyarakat yang menggunakan jalan tol Cimanggis-Cibitung akan dikenakan tarif.

Tarif Tol di 3 Ruas Ini Dapat Diskon, Simak Lokasi dan Waktunya

“Kita memberikan waktu di sini ke badan usaha dua minggu itu ya, kalau tidak ada hambatan yang berarti kita akan melakukan penarifan," ujar Danang.

Sementara itu, Direktur Utama PT Cimanggis-Cibitung Tollways, Thory Hendrarto, mengatakan, penarifan jalan tol Cimanggis-Cibitung akan dilakukan sesuai dengan kilometer yang dibuka.

"Untuk penarifan sudah diatur, ditentukan berdasarkan panjang kilometernya, itu nantinya jika sudah bertarif. Dan menggunakan sistem elektronik," tutur Thory.

Tol Cimanggis-Cibitung merupakan rangkaian dari enam ruas jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II). Keenam jalan bebas hambatan yang merupakan bagian dari tol JORR II yakni, tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran sepanjang 14,2 kilometer, Kunciran-Serpong sepanjang 11,4 kilometer, dan Serpong-Cinere sepanjang 10,1 kilometer.

Kemudian, Cinere-Jagorawi sepanjang 14,6 kilometer, Cimanggis-Cibitung sepanjang 26,2 kilometer, serta Cibitung-Cilincing sepanjang 34 kilometer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya