Jokowi: Pasar Digital Indonesia Sangat Menjanjikan

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA –  Presiden Joko Widodo menyampaikan pasar ekonomi digital di Indonesia sangat menjanjikan. Jokowi pun mendorong, para pelaku usaha, terutama yang bergerak di sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mengambil momentum tersebut.

Soal Isu Prabowo Tinggalkan Jokowi usai Dilantik Jadi Presiden, Pengamat: Adu Domba

"Potensi pasar digital indonesia tumbuh sangat menjanjikan," kata Jokowi saat menyampaikan sambutan di acara Google for Indonesia 2020, Rabu, 18 November 2020.

Jokowi mengatakan, dari 64 juta UMKM baru 8 juta atau 13 persen pelakunya baru terintegrasi dengan teknologi digital. Ia menjanjikan, pembangunan infrastruktur digital hadir di seluruh pelosok negeri.

Mahasiswa BEM Unram Terobos Hotel Tempat Jokowi Nginap, Diadang Paspampres

Baca Juga: Menteri Teten Dorong UMKM Cepat Manfaatkan Pasar Digital

Dia menekankan peluang pasar digital di Tanah Air mengalami pertumbuhan lantaran sektor internet yang terus meningkat setiap tahunnya. Keyakinan Jokowi terhadap ekonomi digital juga bisa memunculkan banyak lapangan kerja baru.

Istana Ungkap Alasan Jokowi Kunker ke NTB di Tengah Aksi Hari Buruh

"Jika seluruhnya terintegrasi dengan teknologi digital, pertumbuhannya akan semakin besar," ujar Jokowi.

Pun, Jokowi lagi- lagi multi krisis yang terjadi di masa pandemi COVID-19 adalah waktunya Indonesia melakukan lompatan kemajuan. Jokowi menekankan kembali soal transformasi besar-besar di berbagai lini, dan hal ini kerap disampaikan dalam berbagai kesempatan.

"Ini adalah kesempatan untuk mengejar ketertinggalan kita di saat banyak negara maju mengalami kemunduran. Kesempatan untuk membenahi berbagai kelemahan fundamental, kesempatan untuk mengeksekusi strategi besar kita," ujar mantan Gubernur DKI itu.

Jokowi juga optimis dengan adanya Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja, maka akan banyak UMKM baru yang bermunculan. Hal ini karena kemudahan dalam beragam perizinan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya