Berdamai, Bosowa dan KB Kookmin Fokus Besarkan Bank KB Bukopin

KB Kookmin Bank dan Bosowa Corporindo bersinergi.
Sumber :
  • Istimewa/Pras

VIVA – Pemegang saham pengendali Bank KB Bukopin, KB Kookmin Bank bersama dengan Bosowa Corporindo, mengumumkan bahwa kedua belah pihak telah menandatangani kesepakatan bersama. Kesepakatan ini akan berdampak positif dalam mendukung percepatan pertumbuhan PT Bank KB Bukopin Tbk.

Korea Development Bank Suntik Dana Rp 4,86 Triliun ke Bank KB Bukopin, Dukung Ekspansi Kredit

Kedua belah juga pihak sepakat untuk mencabut segala tuntutan hukum serta sepakat untuk tidak melakukan tuntutan hukum apapun di kemudian hari.

President Director LB Bukopin, Rivan A. Purwantono menekankan, di masa pandemi COVID-19, ini salah satu aspek yang perlu terus diperbaiki di tubuh suatu perusahaan antara lain adalah soal good corporate governance (GCG)

Kredit KB Bukopin Tumbuh 12,9 Persen di Kuartal III-2023

"Perbaikan kualitas GCG sangat penting bagi perseroan, terutama di tengah pandemi, dan dalam upaya meningkatkan kepercayaan publik. Hal ini merupakan kelanjutan komunikasi yang baik dan harus selalu dijaga antara Perseroan dan dua pemegang saham tersebut," kata Rivan dalam keterangan tertulisnya, Senin 7 Juni 2021.

Baca juga: Dahlan Iskan Ungkap Beda Garuda Indonesia dan Thai Airways

KB Bukopin Gabungkan Seluruh Layanan Digital ke Aplikasi Ini Mulai 30 November 2023

Rivan memastikan bahwa KB Kookmin Bank dan Bosowa Corporindo telah berkomitmen untuk memberikan yang terbaik, demi meningkatkan nilai KB Bukopin di hadapan publik. 

"Sebagai upaya mengimplementasikan praktik GCG terbaik di KB Bukopin," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Bosowa Corporindo, Rudyantho menambahkan, Bosowa berkomitmen penuh dalam memberikan dukungan pada KB Bukopin, untuk fokus pada perbaikan dan transformasi.

"Kami berkomitmen bersama KB Kookmin Bank untuk memberikan dukungan penuh pada peningkatan tata kelola KB Bukopin, demi normalisasi Bukopin," ujar Rudyantho.

Diketahui, kedua pemegang saham tersebut telah menandatangani kesepakatan yang disampaikan melalui Joint Statement, antara KB Kookmin Bank dengan Bosowa Corporindo yakni:

1. Bosowa dan KB menyatakan telah menyelesaikan kesalahpahaman yang terjadi di masa lalu serta sepakat untuk mengembangkan hubungan yang berorientasi pada kerja sama di masa depan.

2. Bosowa dan KB sepakat untuk mengutamakan proses Normalisasi Bank KB Bukopin sebagai prioritas utama. Karenanya, sebagai langkah awal, kedua belah pihak setuju untuk melakukan pencabutan segala tuntutan hukum serta sepakat untuk tidak akan melakukan tuntutan hukum dalam bentuk apapun di kemudian hari yang dapat mengganggu proses Normalisasi Bank KB Bukopin.

3. KB berkomitmen untuk melakukan yang terbaik demi memulihkan kepercayaan nasabah serta meningkatkan nilai perusahaan Bank KB Bukopin. Bosowa berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh terhadap tata kelola KB Bukopin dan peningkatan hubungan eksternal.

4. KB memberikan pengakuan dan rasa hormat kepada Bosowa sebagai mitra bisnissekaligus pemegang saham terbesar kedua Bank KB Bukopin. Bosowa memberikan pengakuan terhadap KB sebagai pemegang saham utama sekaligus pemegang saham pengendali KB Bukopin.

5. KB dan Bosowa sepakat untuk meningkatkan kerjasama aktif dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan terkait pengembangan bank KB Bukopin, misalnya penambahan modal, deposito, NPL, dll, melalui sinergi antar kedua belah pihak.

6. KB dan Bosowa sepakat untuk bersama-sama memperkuat komunikasi dan kerja sama yang erat dengan OJK dalam usaha pelaksanaan rencana normalisasi Bank KB Bukopin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya