Pertamina Beri Peluang Bisnis Pengusaha Lokal di Blok Rokan

Blok Rokan
Sumber :
  • Pertamina

VIVA – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) menjaga komitmen untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat di sekitar Wilayah Kerja (WK) Rokan, Riau. Hal itu salah satunya melalui program Local Business Development (LBD), atau Pengembangan Usaha Lokal, yang memberikan peluang bisnis bagi perusahaan-perusahaan kecil atau koperasi lokal untuk mendukung kegiatan operasi PHR dengan pola kemitraan usaha.

Tambah Dua VLGC, Pertamina International Shipping Jadi Top Tier Pengangkut LPG Asia Tenggara

Dirut PHR Jaffee Arizon Suardin mengatakan pihaknya akan memperhatikan kesuksesan masyarakat sekitar wilayah operasi Perusahaan. Karena, itu menurutnya juga merupakan kesuksesan bagi pertamina. Program LBD, lanjut dia, bertujuan membina dan meningkatkan potensi bisnis perusahaan kecil atau koperasi.

"Sehingga kapabilitas dan skala bisnisnya dapat terus meningkat,” ujar Jafee dikutip dalam keterangan tertulis, Jumat 20 Agustus 2021.

Pertamina dan Polri Tandatangani Kerja Sama Pengamanan Objek Vital Nasional

Baca juga: Tiba Kemarin, Vaksin Pfizer dan AstraZeneca Pakai Skema B to B

Program LBD disebut melatih kemampuan peserta dalam pengadaan barang-jasa, memberikan akses bisnis, membuka lapangan pekerjaan, dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

Pertamina Patra Niaga Tetap Salurkan Pertalite Sesuai Penugasan Pemerintah

PHR, lanjut dia, memperbarui 264 paket kontrak LBD sehingga turut menjaga kesinambungan kegiatan-kegiatan pendukung di wilayah operasi Blok Rokan. Jumlah paket kontrak tersebut memberikan lapangan kerja bagi lebih dari 1.550 orang. 

Paket-paket pekerjaan dalam Program LBD bernilai di bawah Rp1 miliar dengan durasi berkisar 12 hingga 18 bulan. Proses pengadaan barang-jasa tetap mengacu pada prosedur yang baku. 

Proyek-proyek di bawah Program LBD mempunyai kriteria, antara lain, risiko rendah terhadap operasi migas, keahlian dan teknologi yang diperlukan sederhana sampai sedang, barang atau material tersedia dan mudah didapat di pasaran lokal dalam negeri. 

Contoh pekerjaan bidang jasa meliputi pengecatan pipa, tangki air, perkantoran, perumahan perusahaan, marka jalan, penghijauan dan pertamanan. Bidang konstruksi antara lain pembangunan trotoar, pagar, rumah ibadah, patok tanah dan sebagainya.

Seiring peningkatan kegiatan di WK Rokan yang masif dan agresif, lanjut Jafee, kebutuhan terhadap barang dan jasa penunjang tentu turut meningkat. Ini disebut menjadi peluang bisnis bagi para pengusaha lokal sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, yang pada akhirnya dapat menggerakkan industri dan perekonomian daerah bahkan nasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya