KAI Izinkan Anak di Bawah 12 Tahun Naik Kereta Api, Ini Syaratnya

Ilustrasi kereta api PT KAI
Ilustrasi kereta api PT KAI
Sumber :
  • VIVA/Dwi Royanto

VIVA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali mengizinkan anak-anak usia di bawah 12 tahun naik kereta api. Aturan baru tersebut mulai berlaku pada Jumat 22 Oktober 2021, usai sebelumnya dilarang karena adanya PPKM.

Aturan tersebut menyesuaikan dengan terbitnya SE Kementerian Perhubungan Nomor 89 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi COVID-19 tanggal 20 Oktober 2021. 

VP Public Relations, PT KAI Joni Martinus mengatakan meski bisa naik ke dalam perjalanan kereta api, anak di bawah 12 tahun tetap harus memenuhi persyaratan hasil negatif COVID-19 bagi pelanggan KA Jarak Jauh.

"Anak 12 tahun ke bawah juga harus memakai masker dengan sempurna, dalam kondisi sehat, dan selalu menerapkan protokol kesehatan secara disiplin,” ujar Joni dalam keterangan tertulisnya, Jumat 22 Oktober 2021. 

Anak usia di bawah 12 tahun yang akan naik kereta api tersebut juga wajib didampingi oleh orang tua/keluarga yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga.

Baca juga: 3 Kota di Indonesia Dinobatkan Kota Bersih di Asia Tenggara

Berikut persyaratan lengkap perjalanan menggunakan Kereta Api: