Erick Thohir Rombak Besar-besaran Direksi MIND ID, Ini Alasannya

Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memutuskan untuk merombak jajaran direksi dan komisaris MIND ID. Hal itu diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Inalum atau MIND ID, yang digelar hari ini Jumat 29 Oktober 2021.

Adhi Commuter Properti Bukukan Laba bersih Rp 116,2 Miliar di 2023

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga menjelaskan, perombakan besar-besaran ini dilakukan untuk tujuan penyegaran di manajemen MIND ID. Seiring empat tujuan dan target yang harus dicapai dalam manajemen baru ini.

Tujuan pertama, yakni mengakselerasi transformasi industri tambang yang berbasis keberlanjutan dan ramah lingkungan, dengan mengoptimalkan program digitalisasi dan automasi mekanisasi smart mining 5.0.

Perum Perhutani Komitmen Genjot Integritas Demi Upaya Transformasi BUMN

"Kedua, pengembangan hilirisasi industri tambang menuju integrated metal dan mineral comprehensive upstream dan downstream processing, untuk memaksimalkan nilai yang bisa diperoleh di dalam negeri. Sehingga terbangun industri dalam negeri yang kuat," kata Arya kepada media, Jumat 29 Oktober 2021.

Ketiga, menjadi motor penggerak terdepan dalam inisiatif pengembangan industri mobil listrik nasional, yang bertujuan untuk mengurangi defisit devisa negara akibat impor energi. Selain itu, ada pula tujuan untuk mengurangi emisi karbon di sektor transportasi darat.

Penantian 25 Tahun Oxford United Promosi, Sempat 2 Kali Gagal di Playoff

"Juga untuk mengakselerasi terciptanya ekosistem yang terintegrasi di sektor kendaraan listrik, dengan membuka peluang investasi dan kerja sama dengan para pemain global," ujarnya.

Baca juga: Airlangga Minta UMKM Lakukan Ini agar Cuan Maksimal dari Digitalisasi

Diketahui, ada empat direktur MIND ID yang dicopot Erick Thohir. Yaitu, Orias Petrus Moedak (Direktur Utama), Ogi Prastomiyono (Direktur Layanan Strategis), Normansyah Duliar (Direktur Transformasi dan Pengembangan Usaha), dan Sophia Isabella Wattimena (Direktur Pelaksana).

Tercatat, hanya satu orang direktur yakni Dany Amrul Ichdan, yang tidak dicopot Erick dan tetap menjadi Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID. Sementara di jajaran komisaris, Erick mencopot Rendi Akhmad Witular, yang saat ini menjadi staf Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Holding industri pertambangan RI, MIND ID.

Photo :
  • Istimewa

Berikut adalah jajaran Komisaris dan Direksi terbaru MIND ID:

Komisaris:

- Komisaris Utama/Independen: Doni Monardo
- Komisaris Independen: Muhammad Munir
- Komisaris: Ridwan Djamaluddin
- Komisaris: Ilyas Asaad
- Komisaris: Alex Denni
- Komisaris: Martuani Sormin.

Direksi

- Direktur Utama: Hendi Prio Santoso
- Direktur Pengembangan Usaha: Dilo Widagdo
- Direktur Keuangan: Devi Pradyna Paramita
- Direktur Operasi & Portofolio: Danny Praditya
- Direktur Hubungan Kelembagaan: Dany Amrul Ichdan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya