RI-Mesir Sepakat Pasok Ban Kendaraan Roda Empat Rp284 Miliar

Ilustrasi ban mobil.
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Kementerian Perdagangan menyatakan telah memfasilitasi penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara pelaku usaha Indonesia dengan Mesir untuk komoditas ban kendaraan roda empat.

Menko Airlangga Minta Inggris Berkeadilan dalam Penerapan Sertifikasi Berkelanjutan Palm Oil

Kesepakatan yang dilakukan di sela-sela gelaran Trade Expo Indonesia Digital Edition (TEI-DE) 2021 ini berhasil mencatatkan kesepakatan kerja sama untuk komoditas tersebut sebesar US$20 juta atau setara Rp284 miliar.

"MoU antara pelaku usaha Indonesia dan Mesir penting dilakukan untuk meningkatkan kerja sama perdagangan kedua negara," kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi, Selasa, 2 November 2021.

Jangan Cuek, Penting Cek Kondisi Ban Mobil Usai Dipakai Perjalanan Jauh

Baca juga: Rupiah Menguat Lagi, Kini Dipicu Sentimen Positif Ini

Sebagai informasi, neraca perdagangan Indonesia-Mesir periode Januari–Agustus 2021 surplus US$2,01 miliar. Dipicu ekspor Indonesia ke Mesir US$7,68 miliar dan impor Indonesia dari Mesir US$5,67 miliar.

Keren, Batik Indonesia Paling Banyak Diekspor ke Amerika Serikat dan Jerman

Sedangkan, total perdagangan Indonesia dan Mesir pada 2020 tercatat sebesar US$13,35 miliar. Nilai ini meningkat 48,33 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu, total ekspor Indonesia periode Januari–Agustus 2021 sebesar US$7,68 miliar atau meningkat 60,10 persen dibanding periode yang sama tahun 2020 sebesar US$4,80 miliar.

Ilustrasi kegiatan ekspor.

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Pada periode yang sama, nilai ekspor nonmigas Indonesia sebesar US$6,65 miliar atau meningkat 62,96 persen dibanding periode yang sama pada 2020 sebesar US$4,08 miliar.

“Hubungan dagang antara Indonesia dan Mesir diharapkan akan terus terjalin dengan baik," tegas Didi.

Pada TEI-DE minggu kedua, lanjut Didi, total nilai transaksi dagang tercatat sebesar US$978,05 juta. Menurutnya, para pelaku usaha di Mesir maupun negara lain dapat menjelajahi kategori produk ekspor RI di www.tradexpoindonesia.com.

"Nilai ini diharapkan akan terus bertambah. Para pelaku usaha Mesir juga diharapkan dapat menjelajahi setiap kategori produk,” tegas Didi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya