Rapat dengan Menteri Transportasi Negara K-POP, Menhub Tawarkan Ini

Menhub Budi Karya Sumadi saat mengikuti rakor secara daring.
Menhub Budi Karya Sumadi saat mengikuti rakor secara daring.
Sumber :
  • Dok. Kemenhub.

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Minister for Land, Infrastructure and Transport (MOLIT) Korea Selatan, Noh Hyeong Ouk, menggelar pertemuan bilateral secara virtual. Pertemuan itu guna membahas kerja sama bidang transportasi.

Budi Karya menjelaskan, Indonesia tengah berupaya menjajaki peluang kerja sama pembangunan infrastruktur transportasi. Maupun pengembangan sumber daya manusia di semua sektor.

"Pemerintah Indonesia memiliki sejumlah proyek pembangunan infrastruktur transportasi yang dapat dikembangkan melalui skema Public Private Partnership (PPP)," kata Budi Karya dalam keterangannya, Senin, 15 November 2021.

Dia menambahkan, sejumlah proyek pembangunan infrastruktur transportasi tersebut yakni meliputi proyek pelabuhan, bandara, peningkatan transportasi darat, transportasi perkotaan, dan transportasi massal cepat.

Baca juga: Harus Tahu 8 Hal Ini Soal Halal Haram Uang Kripto

Pemerintah negara K-Pop tersebut pun menyampaikan bahwa Indonesia merupakan mitra strategis Korsel dan MOLIT berkeinginan untuk mengembangkan kerja sama sektor transportasi dengan Kemenhub. Khususnya, dalam pengembangan kerja sama pembangunan infrastruktur transportasi.

Pada transportasi darat, Budi Karya menyampaikan bahwa saat ini pemerintah Indonesia dalam proses mengembangkan terminal multi-fungsi. Sebagai bagian dari simpul transportasi untuk membentuk sistem transportasi jalan yang efektif.