Rupiah Menguat Tipis di Awal Pekan

Uang kertas rupiah dan dolar AS.
Uang kertas rupiah dan dolar AS.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menguat tipis pada perdagangan Senin, 29 November 2021. Rupiah awal pekan bergerak di kisaran atas Rp14.340 per dolar AS pada pagi ini.

Di pasar spot, pada pukul 09.35 WIB, rupiah telah ditransaksikan di level Rp14.349 per dolar AS. Menguat sekitar 0,06 persen dari penutupan perdagangan sebelumnya di level Rp14.357.

Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia terakhir di level Rp14.280 per dolar AS, tak berubah dari nilai tengah hari sebelumnya yang juga di level Rp14.280 per dolar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berhangka Ibrahim menjelaskan, penguatan tipis ini lebih disebabkan oleh pelemahan indeks dolar akibat meningkatnya kekhawatiran terhadap penyebaran varian baru COVID-19.

Kondisi ini ditegaskannya menyebabkan pelaku pasar keuangan cenderung memilih aset-aset aman lainnya, seperti Yen dan menghindari mata uang lainnya yang menjadi lokasi peningkatan kasus COVID-19.

"Kerugian diminimalkan karena meningkatnya kekhawatiran tentang varian COVID-19 yang baru ditemukan mengurangi selera risiko investor," tutur dia dikutip dari analisisnya hari ini.

Pekerja menunjukkan uang Rupiah dan Dolar Amerika Serikat di sebuah tempat penukaran uang di Jakarta.

Pekerja menunjukkan uang Rupiah dan Dolar Amerika Serikat di sebuah tempat penukaran uang di Jakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay